Jakarta, 14
Maret 2013 - Mega Fitria - PT. Yakult Indonesia Persada (YIP) berdiri sejak tahun 1990 dan merupakan
perusahaan minuman probiotik yang mengandung bakteri berguna lactobacillus
casei shirota strain yang bermanfaat bagi pencernaan manusia dan dijual
dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, Yakult dikenal sebagai pelopor
probiotik.
Factory Visit; Program Global Yakult
Untuk
meningkatkan nilai produk dan juga memperkenalkan produk Yakult lebih dalam
lagi, YIP membuat program factory visit (kunjungan
pabrik) yang merupakan program global Yakult. Program ini tidak baru di
perusahaan ini melainkan terselenggara sejak tahun 1991. Dengan program ini,
YIP mengajak berbagai kalangan terutama ibu-ibu yang salah satunya adalah
komunitas ibu-ibu tingkat RT/RW untuk melihat pembuatan Yakult, mulai dari
pembibitan bakteri, tahap fermentasi, pembuatan botol, hingga tahap
pengemasannya. Hal ini merupakan usaha keras YIP karena produk Yakult itu
sendiri merupakan bakteri yang biasanya manusia hindari.
Factory visit ini diberikan secara cuma-cuma dimana peserta program
akan di fasilitasi dan di tanggung oleh pihak YIP. Dengan program ini YIP akan mendapatkan berbagai
manfaat yaitu, menanamkan brand awareness
Yakult pada konsumen, edukasi pasar yang membuat peserta tidak hanya
sekedar tahu tetapi juga mengetahui manfaat dari Yakult dan mampu menarik
konsumen baru karena hampir sebagian peserta program akan membeli Yakult di
akhir kunjungan.
Dengan merasa
puasnya konsumen (peserta program) karena telah mengenal lebih jauh pembuatan
proses pembuatan Yakult sehingga akan meningkatkan penilaian terhadap Yakult
semakin kuat. Program ini akan mampu
membuat peserta yang telah mengikuti program ini akan menceritakan kembali
kunjungannya kepada orang lain dan tanpa sadar akan mempengaruhi orang lain dan
mempromosikan produk Yakult itu sendiri, tentunya hal ini akan menguntungkan pihak perusahaan untuk
membangun citra yang positif dan membangun komunitas semakin banyak lagi.
Meningkatkan Kinerja Program
Sebenarnya dengan adanya program ini, YIP mampu meminimalisir anggaran
iklan pada televisi. Pada faktanya juga iklan Yakult ini sendiri memang tidak
terlalu sering muncul di TV, namun mampu
membangun awareness pada benak
konsumen. Program ini sangat efektif
karena menguntungkan antara pihak konsumen dan YIP, dimana konsumen akan mendapatkan pengetahuan baru tentang produk
itu sendiri dan pihak YIP akan lebih mudah membangun hubungan dan meningkatkan
nilai produk pada konsumennya.
Namun, YIP masih harus terus meningkatkan kinerjanya. Mungkin program ini
akan berjalan semakin lebih baik lagi apabila YIP menambahkan program kegiatan
lainnya, tidak hanya dengan kunjungan pabrik melainkan menambahkan
kegiatan-kegiatan lainnya sehingga tidak hanya program itu saja setiap tahunnya
bahkan setiap harinya, agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan YIP itu
sendiri. Mungkin juga YIP tidak melupakan pengenalan produk melalui media TV
yaitu iklan, agar konsumen yang tidak mengikuti program kunjungan pabrik, tahu
produk Yakult melalui iklan dan mengingatkan kembali ke dalam benak konsumen.