Jakarta, 19 Maret 2014 –
Mega
Fitria - L.A Lights merupakan rokok Mild berkadar Tar rendah yang di produksi
oleh PT Djarum pada 21 April 1999. Merek rokok ini cukup ternama di Indonesia,
pada tahun 2001 hingga 2005 sempat menempati peringkat keempat rokok Mild
dibawah A Mild, Bentoel Mild, dan Star Mild. Rokok Mild ini memiliki beberapa
slogan, slogan pertamanya yang cukup terkenal pada tahun 2001 hingga 2010
adalah "Enjoy Aja!", lalu slogan "Berani Enjoy?" pada tahun 2010 hingga 2013, dan slogan
terbarunya adalah "Let's Do It"
pada tahun 2013.
Event Sponsorship
L.A
Lights sendiri, memiliki
kualitas dan image yang berbeda
diantara beberapa produk mild
yang di produksi PT Djarum atau merek perusahaan lain yang menggunakan event
sponsorship sebagai salah satu strategi dalam memasarkan produknya. Karena produk merupakan salah satu produk
yang memiliki keterbatasan dalam berpromosi. Hal ini dikarenakan tidak semua
alat promosi dapat digunakan dalam memasarkan produk ini. Oleh sebab itu, PT Djarum
dalam mempromosikan produk kepada konsumen akhir dengan cara melalui event
sponsorship ini yang telah diakui sebagai bentuk promosi yang cukup menonjol,
dan mendapat banyak perhatian.
Event
sponsorship L.A Lights diantaranya adalah ; Pertama, penyelenggaraan L.A Lights Indiefest yang merupakan ajang pencarian band
indie yang di seleksi diberbagai daerah yang finalisnya akan mengisi album
kompilasi L.A Lights Indiefest. Kedua, L.A Lights Street Ball merupakan event kompetisi basket 3 on 3 yang
diadakan setiap satu tahun sekali. Ketiga, L.A Lights
indie Movie merupakan ajang kompetisi film indie yang diadakan setiap satu
tahun sekali di berbagai kota. Keempat, L.A Lights
Mobile Movie Movie Competition merupakan ajang kompetisi film yang dibuat
menggunakan media telepon seluler. Kelima, L.A Lights
Enjoy Music merupakan event live music yang diadakan di tempat-tempat umum dan menjadi title sponsor
event musik tahunan.
Terakhir
atau keenam, L.A
Ligths Java Soulnation Festival dimana L.A Lights bekerja sama dengan Java
Festival Production dalam menghadirkan LA Lights Java Soulnation Festival, yang
merupakan salah satu festival musik bergengsi yang menggabungkan beberapa genre
music seperti Soul, Pop, Dance, RnB dan Hip Hop.
Pemilihan Media Promosi
Dengan
diselenggarakannya event ini, sebenarnya perusahaan berusaha untuk mengikat
target audience dalam hubungan emosional (emotional touch) terhadap produk L.A
Ligts. Hal ini terjadi karena para event attendance memiliki minat yang besar
terhadap event yang diadakan. Merek akan mempertegas brand character-nya dengan gaya hidup para event attendance
sehingga terjadi hubungan emosional yang kuat serta bertujuan untuk
mempengaruhi psikologi mereka terhadap persepsi brand image produk sponsor
selama acara berlangsung dengan menunjukkan eksistensi produk L.A Lights
melalui media alat promosi disekitar
lokasi acara kegiatan, contohnya
seperti umbul-umbul, booth, banner-up, banner-x, rotating banner, back-drop,
neon box serta media-media lainnya.
Tentu saja, aktivitas di atas bisa membantu
perusahaan mendapatkan fasilitas untuk memasang logo produk perusahaan dan juga
mendapat liputan dari beberapa media, karena event sponsorship L.A Lights cukup
unik dan mampu mengundang perhatian media massa untuk meliput dan mempublikasikan
melalui berita yang akan dimuat.
Dengan
adanya publikasi media massa terhadap event sponsorship L.A Lights ini akan
membantu upaya membangun dan memperkuat kepercayaan konsumen terhadap brand
image rokok L.A Lights, dengan brand image yang kuat untuk membedakan
perusahaan dengan pesaing, karena brand image suatu perusahaan tidak dapat
disamakan dengan brand image perusahaan lain.
Selain itu
publikasi media massa juga bertujuan mempengaruhi event sponsorship dalam upaya
membangun dan memperkuat kepercayaan konsumen terhadap brand image rokok L.A
Lights di masyarakat, karena publisitas media massa memiliki cakupan yang luas,
dan informasi media massa itu sendiri sebagai informasi yang berasal dari luar
yang memiliki nilai berita yang tidak dapat dikendalikan dan tentunya tidak
dibayar oleh sumber untuk penempatan informasi.
Segmen
target audience dari event ini adalah segmen pasar anak muda yang memilliki kesesuaian dengan
produk L.A Lights itu sendiri. Mungkin apabila dalam setiap event memiliki
konsep yang berbeda dan pemilihan waktu yang tepat, kedepannya event ini akan
mampu bertahan lebih lama. Terutama pada tujuannya, yaitu mengikat target audience dalam
hubungan emosional (emotional touch) menjadi lebih dalam lagi.
Editor : Ujang Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom
Editor : Ujang Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom