Jakarta, 19 Maret 2014 –
Arief Rahman Jaya - Empat tahun sudah berlalu semenjak
lengkingan terakhir pluit tanda
berakhirnya final piala dunia 2010
ditiupkan yang membawa Spanyol menjadi Raja Sepok Bola Dunia. Tanpa terasa
tahun ini kita telah memasuki tahunnya pesta bola yang begitu meriah Euforia-nya
seperti kebiasaan siklus piala dunia dari masa ke masa. Oleh karena itu
McDonald’s sebagai salah satu perusahaan makanan cepat saji terbesar di dunia
tidak ingin ketinggal untuk ikut ambil bagian dalam semaraknya pesta bola empat
tahunan ini.
Editor : Ujang
Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom
Berkompetisi Untuk
Bertemu Bintang
Sebagai sponsor resmi gelaran piala dunia
2014 maka McDonald’s Indonesia secara resmi menyelenggarakan program Brand
Activation “Jadilah Duta Cilik Piala Dunia 2014!” dimulai sejak selasa (4/3) di
Jakarta. Program ini merupakan suatu bentuk kepedulian McDonald’s terhadap anak
anak di seluruh dunia termasuk Indonesia untuk mewujudkan mimpi bertemu bintang
sepak bola dari seluruh dunia dengan menjadi Player Escort atau
pendamping bagi para pemain sepak bola ketika hendak bertanding dimana Player Escort bertugas menggandeng tangan dari para pemain
tersebut dari mulai masuk ke dalam lapangan hingga sesi foto.
Jutaan anak dari seluruh Indonesia pasti
tidak ingin ketinggalan untuk ikut ambil bagian dalam program yang berbentuk
kompetisi ini dengan cara terlebih dahulu mendaftarkan diri via online. Setelah itu calon peserta diwajibkan untuk mengunggah
video ke website www.dutacilikmcdonalds.com atau www.mcdonalds.co.id/dutacilikmcdonalds video tersebut
berisi rekaman anak yang akan ikut serta dengan memperkenalkan dirinya sendiri
dan memberikan alasan kenapa calon peserta harus dipilih sebagai Duta Cilik
Piala Dunia 2014 dari Indonesia.
Program
ini dapat diikuti oleh anak anak berusia 6-10 tahun, nantinya akan dipilih satu
anak untuk diterbangkan langsung ke Rio De Janiero,Brasil sebagai perwakilan Player Escort dari
Indonesia. Kemampuan berbahasa Inggris menjadi nilai tambah tersendiri bagi
pesertanya, sebelumnya peserta terlebih dahulu dikerucutkan kedalam 11 besar
kandidat dan rencananya pemenang akan diseleksi dalam acara penjurian puncak
yang rencananya dilaksanakan pada 18 Mei 2014. Selain meningkatkan Brand Awareness McDonald’s program ini
diharapkan dapat mengajarkan semangat berkompetisi yang sehat dan cerdas
diantara para pesertanya, bila ingin jadi yang terbaik maka harus melakukan
yang terbaik dengan apa yang dimiliki dalam diri kita.
Misi Membanggakan Negara
Program “Jadilah Duta Cilik Piala Dunia
2014!” secara serentak dilaksanakan di seluruh cabang McDonald’s di seluruh
dunia. Nantinya program tersebut akan menjaring satu anak dari setiap Negara
untuk menjadi wakil Negaranya masing-masing. Disinilah letak keistimewaan
kompetisi ini dimana nantinya peserta terpilih dari Indonesia akan dapat juga
menjadi duta cilik yang mampu memperkenalkan Indonesia kepada peserta dari
seluruh belahan dunia lainnya bahwa anak Indonesia mampu bersaing dengan
anak-anak dari Negara lainnya khususnya Negara-negara yang telah maju seperti
Eropa, Amerika Serikat, serta Asia Timur.
“Membanggakan” itulah sebuah kata yang begitu
ingin dicapai peserta perwakilan dari Indonesia nantinya, mengingat belum banyak
Negara-negara di seluruh dunia yang mengetahui akan keberadaan Indonesia
sebagai bagian dari warna warni dunia bila pun ada yang mengenal Indonesia
pastilah nama “Bali” yang pertama kali terlantun dari mulut mereka yang
kemudian berlanjut dengan kekaguman akan alam dan budaya yang dimiliki Bali.
Oleh karena itu duta cilik asal Indonesia
nantinya juga diharapkan mampu membuktikan diri bahwa negeri tercinta ini
tidaklah hanya terdiri dari gugusan pulau nan elok berhias permata kekayaan
alam seperti sepenggal pepatah indah “Gemah Ripah Loh Jinawi” yang berarti
Subur, Makmur, Kaya Raya tetapi juga berhias kecakapan sumber daya manusia yang
ada di dalamnya dengan kemampuan yang tidak kalah dengan Negara-negara lain
walupun Indonesia tidak ikut berpartisipasi dalam pesta bola akbar empat
tahunan tersebut.
Persahabatan Lintas
Dunia
“Persahabatan” sebuah kata yang menjadi inti
dari program “Jadilah Duta Cilik Piala Dunia 2014!” dimana McDonald’s menjadi
jembatan penghubung persahabatan lintas dunia dari anak anak yang terpilih
sebagai Player Escort. Program ini
diharapkan dapat selalu dilaksanakan tidak hanya dalam rangka gelaran piala
dunia tetapi juga dalam rangka event
besar lainnya dengan cara yang sama yakni mencari duta cilik sebagai perwakilan
dari berbagai Negara agar McDonald’s dapat mengajarkan betapa indahnya
persahabatan diatas batas perbedaan.
Sedikit saran yang dapat diberikan untuk
program ini pada waktu yang akan datang yaitu agar McDonald’s Indonesia dapat
lebih luas lagi menjaring duta cilik dari seluruh Indonesia tidak hanya di kota
besar saja. Salah satu cara yang menyenangkan yakni dengan mengadakan event
pencarian duta cilik dengan berbagai bakat tertentu yang dilaksanakan di
Sekolah-sekolah Dasar di seluruh Indonesia untuk kemudian dikerucutkan kedalam
seleksi tingkat nasional duta cilik bertalenta yang mewakili daerah mereka
masing-masing. Hal tersebut juga dapat menjadi pembeda tersendiri bagi program
Brand Activation McDonald’s dengan Negara lainya dimana semangat berkompetisi
dan persahabatan berlandaskan perbedaan sudah diimplementasikan dengan berbagai
macam kekayaan talenta oleh insan belia kebanggaan Indonesia.