Suatu
perusahaan tentu harus mampu menjaga hubungan dengan komunitas di sekitar
perusahaan karena mereka mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan. Salah satu
hubungan yang harus dibina oleh PR dalam suatu perusahaan adalah hubungan dengan
komunitas (community relations).
Dalam
pelaksanaan fungsi humas, komunitas dipandang sebagai suatu kesatuan dengan
perusahaan yang memberi manfaat timbal balik. Prinsip kegiatan humas adalah
mengharmonisasikan hubungan antara perusahaan beserta manajer dan karyawannya
dengan masyarakat di sekitar perusahaan. Hubungan yang harus dibina oleh humas
tidak hanya hubungan jangka pendek, tetapi juga hubungan jangka panjang.
Hubungan timbal balik dengan rasa memiliki dibutuhkan oleh perusahaan agar
perusahaan memperoleh dukungan komunitas.
Community
relations pada
dasarnya adalah kegiatan public relations. Mengingat community
relations berhadapan langsung dengan persoalan-persoalan sosial yang
nyata yang dihadapi komunitas sekitar organisasi. Melalui pendekatan community
relations itu, organisasi bersama-sama dengan komunitas sekitarnya
berusaha untuk mengidentifikasi, mencari solusi dan melaksanakan rencana
tindakan atas permasalahan yang dihadapi.
Dalam hal
ini, fokusnya adalah permasalahan yang dihadapi komunitas. Bukan permasalahan
yang dihadapi organisasi. Namun dampak dari penyelesaian permasalahan yang
dihadapi komunitas itu akan dirasakan juga oleh organisasi, mengingat
program-program community relations pada dasarnya dikembangkan
untuk kesejahteraan bersama organisasi dan komunitas. Karena kegiatan community
relations pada dasarnya adalah kegiatan public relations, maka
program dan kegiatan community relations organisasi akan
melalui tahap-tahap proses public relations.
Hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan
masyarakat sekitar memang tidak dapat dibangun dengan mudah dalam
waktu yang singkat. Namun dengan community relations yang tepat dan jelas, perusahaan
diharapkan dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi kepentingan
masyarakat sekitar sekaligus kepentingan perusahaan dalam membentuk citra
positif-nya.
Ikuti agenda training terdekat-nya ;