Pada masa kini, manusia yang
modern dalam berbisnis seringkali menggunakan istilah Integrated
Marketing Communication (IMC) atau disebut juga Komunikasi Pemasaran
Terpadu dalam mempromosikan produknya. Komunikasi pemasaran digunakan sebagai
kegiatan komunikasi yang ditujukan untuk menyampaikan pesan kepada konsumen dan
pelanggan dengan menggunakan sejumlah media dan berbagai saluran yang dapat
dipergunakan, tentunya dengan harapan terjadi tiga perubahan. Yaitu berubahnya
tindakan, sikap, serta pengetahuan target pasar.
Menurut American
Association of Advertising Agency, IMC adalah “Konsep perencanaan
komunikasi pemasaran yang mengkaji peran strategis masing-masing bentuk
komunikasi (iklan, sales promotion, PR, direct marketing, dll) dan memadukannya
untuk meraih kejelasan, konsistensi dan dampak komunikasi yang maksimal melalui
pengintegrasian pesan.” Jika dijabarkan lebih luas maka IMC memiliki
pengertian: Pengembangan dan implementasi berbagai bentuk program komunikasi
yang bersifat persuasif kepada konsumen secara berkesinambungan.
Karakteristik dari IMC yaitu,
berawal dari konsumen, kemudian mempengaruhi perilaku dengan mendorong konsumen
untuk bertindak, menggunakan berbagai macam sarana dan saluran untuk
menghubungkan perusahaan dengan konsumen, lalu berusaha menjalin hubungan
antara brand dengan pelanggannya sehingga tercipta sinergi
komunikasi pemasaran. Tujuannya adalah untuk mengkomunikasikan value,
meningkatkan brand awareness, membangun brand loyalty,
mengurangi serangan dari competitor dengan menghadirkan pesan
yang unik dan positif sehingga dapat melindungi perang harga di kalangan competitor.
Begitu bermanfaatnya
penggunaan strategi IMC bagi suatu organisasi bisnis hingga banyak perusahaan
yang menggunakannya untuk mendapatkan hati pelanggan. Manfaat-manfaat yang
didapat adalah sebagai berikut:
Pertama, membentuk identitas merk yang
kuat di pasar dengan mengikat bersama dan memperkuat semua citra dan pesan
komunikasi perusahaan.
Kedua, mengkoordinasikan
semua pesan, positioning dan citra, serta identitas perusahaan
melalui semua bentuk komunikasi pemasaran.
Ketiga, adanya hubungan yang
lebih erat antara perusahaan (melalui produk/jasanya) dengan para konsumennya.
Terlebih lagi, trend pengaplikasian IMC dapat mengurangi ketergantungan
pada iklan yang banyak mengeluarkan biaya dan juga bisa mengembangkan analisa
perilaku konsumen yang berguna untuk strategi pemasaran jangka panjang. Nah,
jadi bagi Anda yang ingin mencoba berbisnis terapkanlah IMC dalam strategi
pemasaran produk/jasa anda.
Ikuti agenda training terdekat-nya ;