Jakarta, 15 Maret 2014 - Devara- Nutrifood adalah
perusahaan yang secara inovatif memproduksi berbagai produk makanan dan minuman
kesehatan yang berada di Jakarta.
Melalui berbagai produk dan event, Nutrifood menginspirasi dan membantu setiap
individu untuk mencapai keseimbangan hidup dengan menjalankan pola hidup sehat
yang menyenangkan dan memperhatikan asupan nutrisi sehingga dapat menikmati
hidup sehat lebih lama.
Di usianya yang ke-34,
Nutrifood kembali mengadakan kegiatan Health Agent Award untuk kali keempat.
Health Agent Award adalah Program CSR Nutrifood di bidang kesehatan, dengan
target utama komunitas Sekolah Dasar yang dilaksanakan bersama-sama dengan
mahasiswa, serta didukung oleh Kementerian Kesehatan (Kemkes) dan Badan
Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
Mengenal Health Agent Award
Health Agent Award merupakan sebuah kompetisi
proyek inspirasi gaya hidup sehat untuk para siswa sekolah dasar yang
digagas oleh mahasiswa sebagai agen perubahan Melalui program ini,
Nutrifood berharap dapat bersama-sama dengan mahasiswa berkontribusi memberikan
pemahaman mengenai pentingnya gaya hidup sehat sejak dini dan pemahaman tentang
nutrisi seimbang bagi generasi muda, khususnya pelajar sekolah dasar dan
mahasiswa
Analisa saya terhadap program CSR tersebut pada dasarnya sangat baik
karena aspek kesehatan dan pendidikan merupakan hal yang sangat penting serta
saling berkaitan. Pola hidup dan lingkungan yang sehat khususnya dikalangan
pelajar akan menjadi salah satu faktor penunjang keberlangsungan kegiatan
pendidikan yang baik.
Nutrifood dalam pelaksanaan program CSR inipun melibatkan banyak pihak
mulai dari mahasiswa selaku generasi muda yang diharapkan mampu memberikan
inspirasi dalam perubahan menuju pola hidup yang lebih sehat, kemudian juga
BPOM dan KEMENKES yang akan memberikan edukasi terkait dengan keamanan pangan
terhadap pedagang maupun penjual makanan di kantin sekolah.
Sebelum melaksanakan proyeknya,
seluruh health agentpun mendapatkan kelas edukasi difasilitasi oleh Nutrifood
dengan materi yang relevan dari para ahli di bidangnya; yaitu nutrisi seimbang
dari Nutrifood Research Center, project planning dari Indonesia Mengajar,
perilaku hidup bersih dan sehat dari Kemkes, serta keamanan pangan dari BPOM.
Di sisi lain sebagai bentuk
apresiasi, tiga pedagang kantin terbaik dari seluruh sekolah ini pun
berkesempatan untuk mendapatkan penghargaan sebagai Health Agent Award 2013
Kategori pedagang berdasarkan hasil penilaiaan audit kebersihan sebelum dan
sesudah pelaksanaan edukasi.
Menampilkan Keberlanjutan Program
Hal tersebut menjadi salah satu
bukti bahwa adanya kegiatan yang berkelanjutan dari kegiatan CSR ini, karena
kegiatan yang diberikan tidak hanya sebatas edukasi namun juga penilaian pasca
dan pra pemberian edukasi itu sendiri. Pembangunan puskesmas dan pembinaan
posyandupun menjadi sisi keberlanjutan program yang sangat baik.
Solusi ataupun saran dari saya
untuk kegiatan CSR tersebut yang pertama adalah terkait dengan sisi inovasi
yang senantiasa perlu dikembangkan setiap tahunnya dan sinergi yang
berkelanjutan dalam setiap program CSR yang terlaksana. Kita semua tahu bahwa
untuk merubah “pola hidup dan lingkungan yang bersih nan sehat” tidaklah
semudah membalikkan telapak tangan, tetapi butuh komitmen serta konsistensi
dalam pelaksanannya.
Selain itu sehubungan dengan
“Issue Green Wash” yang semakin kencang berhembus dikalangan perusahaan dalam
melakukan program CSR, diharapkan PT Nutrifood memiliki nilai integritas dalam
penerapan program CSR itu sendiri. Profit memang hal yang tidak terpisahkan
dalam perkembangan perusahaan, namun tanggung jawab sosial pun menjadi hal yang
mutlak diperhatikan demi keberlangsungan hubungan yang harmonis antara
perusahaan dengan public maupun komunitas disekitarnya.