Iklan Korporat: Praktik Green PR atau Greenwash?

Ujang Rusdianto, 18 Mei 2013 - Lingkungan telah menjadi salah satu isu utama yang banyak didiskusikan selama satu dekade belakangan ini. Perubahan iklim yang terjadi sedemikian cepat serta bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, kekeringan yang berkepanjangan, dan suhu udara yang meningkat pesat, menandakan telah terjadi ketidakselarasan relasi antara manusia dengan lingkungan.

Sejalan dengan ini, publik tidak hanya menuntut perusahaan mengkomunikasikan produk dan jasanya, melainkan juga mengkomunikasikan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Praktisi Public Relations kemudian dihadapkan pada pekerjaan baru -  ditengah lingkungan yang relatif tetap, tetapi kondisinya kian menurun.
Perkembangan ini kemudian memunculkan istilah Green Public Relations (PR Hijau). Istilah ini berasal dari "gerakan hijau", sebuah ideologi yang berusaha untuk meminimalkan efek dari aktivitas manusia terhadap lingkungan. Dalam praktiknya, sub-bidang Public Relations ini mengkomunikasikan tanggung jawab sosial perusahaan atau praktek-praktek ramah lingkungan kepada masyarakat.
Mengapa ini perlu dilakukan? Tujuannya adalah untuk menghasilkan peningkatan kesadaran merek dan meningkatkan reputasi organisasi. Untuk menelusuri taktik komunikasi yang digunakan Public Relations cukup mudah, umumnya akan menempatkan artikel berita, memenangkan penghargaan, berkomunikasi dengan kelompok-kelompok lingkungan dan mendistribusikan publikasi ke berbagai media.

Iklan Korporat sebagai Kendaraan
Periklanan yang dilakukan public relations atau corporate communication memang berbeda dengan periklanan yang dibuat oleh bagian pemasaran. Jika periklanan yang dibuat oleh bagian pemasaran, lebih bersifat persuasif atau membujuk konsumen untuk membeli produk perusahaan, biasa disebut iklan komersial/produk, periklanan public relations cenderung mengarah pada pembentukan citra dari produk yang positif dan mengarah pada pembentukan nama baik (goodwill) perusahaan.
Salah satu jenis iklan yang digunakan Public Relations untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan adalah Iklan Korporat (Corporate Advertising). Iklan Korporat umumnya merupakan alat pendukung kampanye Public Relations dan Social Marketing.
Fenomenanya, iklan korporat semakin menjadi perhatian perusahaan-perusahaan, termasuk di Indonesia. Isi dari iklan korporat umumnya menampilkan aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR). Melalui iklan korporat perusahaan berupaya menampilkan perspektif atau membingkai diri sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan sekitar.
Sebagian perusahaan ada yang mengkomunikasikannya karena mendapatkan sertifikat ISO 14001, mendapatkan PROPER Hijau atau Emas, menggunakan bahan-bahan Non B3, konsumsi energi produknya yang kecil, emisi kendaraan distribusi produk yang memenuhi standar, menanam jutaan pohon, dll. Tidak ada yang salah dengan komunikasi perusahaan tersebut, tetapi pahamkah perusahaan, pelanggan dan stakeholders lainnya mengenai klaim Green Company tersebut?
Dari sekian banyak iklan korporat yang ditampilkan, perhatian akan sadar lingkungan menjadi tema dominan yang paling banyak di pilih perusahaan-perusahaan. Selama lebih dari dua puluh tahun dukungan publik pada perlindungan lingkungan semakin meningkat. Bahkan gerakan Hijau (the green movement) menjadi salah satu iklan sadar lingkungan yang menjadi perhatian publik yang lebih penting dari yang lainnya.
Ada nuansa positif bila kemudian kita menyaksikan iklan korporat yang ditampilkan Public Relations dalam mengklaim sebagai perusahaan yang peduli lingkungan melalui iklan hijaunya.  Namun harus diakui, masih banyak kalangan bisnis yang belum menunjukkan perubahan fundamental dalam memperhatikan lingkungan sekitar.
Boleh jadi karena terbatasnya pemahaman, atau bahkan menafikan kebutuhan perubahan paradigmatik dalam kebijakan bisnis mereka. Jika demikian, maka dapat disimpulkan iklan greenwashing lah yang sebeneranya dikomunikasikan pada khalayak melalui iklan korporat.

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538