Transisi dari Cause Branding ke Komunikasi CSR


Jakarta, 29 Oktober 2015 - Sebuah perusahaan kini menjadi lebih canggih dalam melakukan pendekatan CSR, upaya komunikasi mereka diprediksi akan berkembang dari strategi Cause Branding yang lebih luas pada rencana komunikasi CSR yang menyeluruh.

Dengan tujuan tersebut perusahaan perlu mempertimbangkan metode Corporate Communication (komunikasi perusahaan) dan membuat kemajuan serta serius mengintegrasikan strategi komunikasi CSR ke dalam operasi mereka secara keseluruhan.

Sangat penting bagi perusahaan yang telah membuat komitmen untuk praktek yang bertanggung jawab lingkungan dan sosial untuk mengkomunikasikan implementasi CSR mereka. Komunikasi yang efektif dengan pemangku kepentingan ini bisa di mulai dari stakeholder internal; seperti terlibat investor, konsumen, dan karyawan.

Faktualnya, perusahaan yang berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan mereka sering dapat memperoleh pemahaman pasar yang lebih baik, meningkatkan loyalitas pelanggan mereka, dan membantu untuk meningkatkan standar bisnis.

Meningkatkan transparansi merupakan salah satu aspek yang paling penting dari CSR komunikasi. Namun, manajemen perusahaan perlu mempertimbangkan dua masalah ketika mereka memutuskan untuk berbagi informasi dengan publik. Apa saja?

Pertama, komunikasi mungkin akan melibatkan semua aspek operasi bisnis kecuali informasi rahasia personil atau data tertentu yang mungkin mengorbankan keunggulan kompetitif.  Kedua, perusahaan perlu memahami budaya dan norma-norma lokal di mana informasi itu akan di publikasikan. 

Sebagai contoh, Edelman Public Relations Worldwide, salah satu agensi PR terbesar di dunia dengan keahlian dalam cause branding, menunjukkan bahwa warga AS tampaknya lebih memperhatikan kontribusi perusahaan kepada masyarakat Eropa, sehingga kampanye yang berbasis di Eropa harus memiliki titik fokus yang berbeda, yang mencerminkan kekhawatiran pasar itu.

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538