Corporate Communication; Peluang dan Tantangan dalam Mengintegrasikannya


Secara umum, komunikasi perusahaan (Corporate Communication) adalah pesan yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan, badan, atau lembaga untuk publiknya. "Publik"  dapat baik  internal  (karyawan,  stakeholder,  dan  pemegang saham yaitu saham) dan eksternal (lembaga, mitra saluran, media, pemerintah, badan industri dan lembaga, masyarakat pendidikan dan umum).
Konsep Corporate Communication ini dapat dilihat sebagai struktur komunikasi integratif yang menghubungkan para pemilik kepentingan kepada organisasi atau perusahaan. Struktur Corporate Communication adalah sebuah sistem yang memungkinkan perusahaan untuk mengatur segala bentuk dan jenis komunikasi secara strategis.
Fungsinya  antara antara lain menjabarkan visi dan misi korporat menjadi misi komunikasi, bahkan diturunkan lagi menjadi strategi dan taktik komunikasi korporat. Selain itu, rangkaian misi-strategi komunikasi itu diterjemahkan menjadi misi merek korporat (corporate brand mission) dan janji merek (brand promises) kepada publik. Itulah yang kemudian menjadi strategi dan taktik atau program pembangunan merek (brand building), baik merek korporat (corporate brand) maupun merek produk (product brand).
Ini semakin diperlukan manakala ditemui bahwa stakeholder (pemangku kepentingan) kini semakin beragam. Setiap perusahaan harus cerdas melempar anak panah mereka pada masing-masing stakeholder. Namun manakala upaya ini dilakukan tidak terintegrasi, bisa jadi perusahaan akan merasa “kelelahan” dan menghamburkan banyak “anak panah” – untung jika tepat sasaran, jika tidak?
Membincang terintegrasi dalam Komunikasi Perusahaan, tidak hanya bertujuan untuk memajukan rencana pemasaran – seperti yang telah banyak dilakukan melalui IMC (Integated Marketing Communication). Namun, lebih dari itu komunikasi perusahaan yang terintegrasi juga bertujuan untuk memajukan rencana operasional perusahaan secara keseluruhan dan menyelaraskan brand dengan reputasi. Dengan demikian, perusahaan dengan segenap potensi yang dimiliki harus mulai memikirkannya untuk keberlanjutan bisnis perusahaan berikut menyiapkan model rencana kerja dan melaksanakan nya dengan konsisten.
Ikuti agenda training terdekat-nya ;

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538