Mari Membaca, Lagi dan Lagi

Jakarta, 14 September 2014 (Ujang Rusdianto) - Membaca  merupakan  suatu  aktivitas  yang sangat  jamak dilakukan  oleh  siapa  pun,  di mana  pun,  dan  kapan  pun,  serta  tujuan  melakukan  aktivitas  membaca  pun  sangat bervariatif, walaupun bisa dikatakan secara sederhana bahwa tujuan umum membaca adalah  untuk  memperoleh  pengetahuan  sebanyak-banyaknya  di  samping  juga  untuk mencari hiburan semata. 

Membaca  merupakan  kemampuan  yang  kompleks.  Bermacam-macam  kemampuan dikerahkan oleh seorang pembaca agar dia mampu memahami materi yang dibacanya. Membaca  merupakan  interaksi  antara  pembaca  dan  penulis.  Interaksi  tersebut  tidak langsung,  namun  bersifat  komunikatif.  Komunikasi  antara  pembaca  dan  penulis  akan semakin  baik  jika  pembaca  mempunyai  kemampuan  yang  lebih  baik.
Kemajuan peradaban  suatu  bangsa  tidak  terlepas  dari  proses  belajar  yang  berkesinambungan. Proses  belajar  tersebut  didasari  oleh  minat  baca  yang  tinggi  dan  kemampuan  dalam memahami ilmu pengetahuan dan informasi. Dalam rangka menumbuhkan  minat  membaca  sebagai  suatu  kebiasaan,  maka  proses terbentuknya  kebiasaan  membaca  memakan  waktu  yang  cukup  lama,  karena  proses terbentuknya  minat  baca  seseorang  selain  dipengaruhi  oleh  faktor-faktor  yang  telah  disebutkan diatas, juga secara khusus dipengaruhi oleh sosio-psikologis.
Informasi yang mendukung dalam belajar adalah berupa bahan-bahan yang tertulis yang mengharuskan kegiatan membaca sehingga apa yang dibutuhkan dapat tercapai. Sebagai sarana  membaca,  perpustakaan  merupakan  sumber  informasi  dan  pengetahuan  yang mengantar  pemustaka  ke  dunia  yang  lebih  luas,  sebagai  media  yang  dapat menghubungkan segala peristiwa pada masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang. Keberadaan  perpustakaan  sangat  diperlukan  karena  perpustakaan  dapat  memberikan segala  kebutuhan  akan  minat,  khususnya  minat  dalam  membaca  koleksi-koleksi perpustakaan.
 
Perubahan Main Set Tentang Membaca
Main set masyarakat Indonesia cenderung memilih sesuatu yang visual daripada tulisan. Semakin  banyak  buku  yang  dibaca,  semakin  banyak  info  dan  wawasan  baru  yang diserap.  Banyak  orang  pintar  dan  cerdas  disebabkan  dari  rajin  membaca.  Membaca dapat  membuat  pikiran  seseorang  menjadi  lebih  dewasa.  Dewasa  yang  berarti memandang  permasalahan  sebagai  tantangan  untuk  maju dan  menjadi  lebih  baik  ke depannya.  Dengan  membaca  membuat  pemikiran  semakin  matang  dan  tidak memandang permasalahan dari satu sisi tetapi dari berbagai sudut pandang.
Hal inilah menjadikan  seseorang  arif  dan  bijaksana  dalam  menyikapi  kehidupan. Orang  yang gemar  membaca  memiliki  segudang  wawasan  yang  enak  uintuk  dijadikan  bahan pembicaraan.  Selain  itu  mereka  juga  dapat  membantu  kita  menyelesaikan  masalah karena dengan membaca mereka belajar mengenal puluhan bahkan ribuan karakter yang berbeda dan memiliki solusi terbaik.
Selamat membaca, selamat hari Kunjung Perpustakaan (14 September).

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538