CSR Lingkungan yang Sistematis dan Terintegrasi

Tangerang, 6 Juni 2015 - Kegiatan CSR bisa berkelanjutan jika program yang dibuat perusahaan benar-benar merupakan komitmen bersama dari segenap unsur yang ada di dalam perusahaan. Tanpa adanya dukungan semua elemen, maka program CSR tersebut seolah hanya merupakan bentuk kepedulian dari pemegang saham belaka.
 
Sementara diyakini bahwa melakukan kegiatan CSR yang berkelanjutan akan memberikan dampak positif dan manfaat yang lebih besar, baik bagi perusahaan maupun stakeholder yang terkait sekaligus dapat menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih mandiri dan sejahtera.  
 
Perusahaan diharapkan dapat mengimplementasikan kegiatan CSR bidang lingkungan secara sistematis dan terintegrasi dalam bisnis perusahaan, dimana perusahaan dapat merencanakan kegiatan CSR dengan cermat sesuai dengan model PDCA (Plan, Do, Check, Act).
 
Dengan mengintegrasikan PDCA di dalam perencanaan, kegiatan CSR bidang lingkungan diharapkan dapat berkelanjutan sehingga lingkungan yang lestari dan dapat memberikan manfaat langsung pada kehidupan masyarakat dapat tercapai.
 
Setiap kegiatan tersebut akan melibatkan semangat sinergi dari semua pihak untuk secara terus menerus membangun dan menciptakan kesejahteraan dan pada akhirnya akan tercipta kemandirian dari masyarakat yang terlibat dalam program tersebut. Dengan demikian kegiatan CSR yang berkelanjutan diharapkan akan dapat membentuk atau menciptakan kehidupan masyarakat  yang lebih sejahtera dan mandiri.
 
Untuk menjaga agar penerapan CSR bidang lingkungan dapat lebih sistematis dan terintegrasi, maka perlu dibentuk forum-forum CSR di setiap wilayah, dimana para anggota perusahaan dapat saling belajar dan mendukung satu dengan yang lain. Di dalam forum tersebut perlu dikembangkan model diskusi dengan berasaskan keterbukaan dimana setiap anggota memiliki hak dan kewajiban yang sama.
 
Dengan demikian, keberadaan forum CSR tersebut akan dapat menjadi wadah yang nyaman bagi para anggota untuk menyampaikan ide-ide maupun lesson learned terkait dengan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan CSR bidang lingkungan. Sehingga pada akhirnya dapat memberikan pancingan kepada pengusaha lain, di luar forum tersebut untuk dapat berbuat hal yang sama bagi kepentingan masyarakat luas, agar lingkungan lestari dan masyarakat sejahtera dapat terealisasi dengan baik.
 
Untuk mencapai keberhasilan dalam melakukan kegiatan CSR bidang lingkungan tidak hanya diperlukan komitmen yang kuat, namun juga partisipasi aktif semua pihak yang peduli terhadap keberlangsungan kehidupan umat manusia kini, esok dan di masa datang (UR/VI/2015).   

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538