Komunikasi Organisasi KUD adalah Keniscayaan

Salah satu hambatan pembangunan utamanya di pedesaan adalah masih rendahnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan tersebut akibat belum efektifnya kesempatan terjadinya proses komunikasi yang seimbang antara masyarakat dan sumber informasi, pemerintahan desa dan lembaga organisasi masyarakat.
Untuk optimalisasi pendayagunaan potensi sumber daya alam dan pemberdayaan potensi sumber daya manusia dalam pembanguan pedesaan, diperlukan dukungan komunikasi pembangunan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta persaingan perdagangan global.
Paradigma lama komunikasi pembangunan yang menekankan pada proses komunikasi linear konvensional yang berlangsung secara searah, perlu dikembangkan sebagai komunikasi konvergen yang berlangsung secara dua arah di lingkungan koperasi sebagai suatu model komunikasi yang efektif untuk meningkatkan kenerja dan kapasitasnya sebagai organisasi ekonomi petani.
Keberadaan koperasi di Indonesia sendiri, terkait erat dengan amanat UUD 1945 dalam rangka pembangunan ekonomi kerakyatan yang disusun sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan. Sejalan dengan kebijakan otonomi daerah berdasarkan UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, urusan pemberdayaan koperasi dilimpahkan kepada pemerintah daerah dengan maksud agar dapat lebih efektif dan efisien mendorong kegiatan UKM dan koperasi di daerah.
Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, salah satu kunci pembangunan Koperasi Unit Desa (KUD) ke depan adalah kemampuan KUD memanfaatkan informasi yang tersedia dari berbagai sumber secara cepat, tepat, dan berdayaguna melalui pengembangan komunikasi organisasi di lingkungan KUD.
Komunikasi organisasi KUD merupakan suatu model karena menyangkut struktur hubungan personal dengan berbagai elemen organisasi KUD yang saling terkait seperti iklim komunikasi organisasi KUD, komunikasi publik organisasi KUD, karakteristik anggota KUD, dan tingkat kepuasan komunikasi anggota terhadap pelayanan KUD.

Pengalaman penulis selama mendampingi koperasi di Kabupaten Siak, Riau dan mengelola program kemitraan CSR antara perusahaan di Sumatera dan Koperasi lokal, menunjukkan Komunikasi organisasi KUD dapat berperan dalam meningkatkan kinerja dan kapasitasnya sebagai organisasi ekonomi petani dalam pengembangan mekanisasi pertanian. 
Melalui model komunikasi organisasi KUD, diharapkan terjadi percepatan adopsi inovasi teknologi pertanian untuk meningkatkan produktivitas, kualitas produksi, dan kesejahteraan anggota. Persoalannya, bagaimana mengembangkan model komunikasi organisasi dalam KUD?  

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538