Banyak Perusahaan Yang Keliru Memahami CSR


Tangerang, 19 Januari 2020 - Pemahaman perusahaan dan juga masyarakat di Indonesia tentang program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR masih banyak yang keliru.


Misalnya, beberapa perusahaan masih memahami CSR sebagai promosi perusahaan dan juga pemolesan citra perusahaan. Padahal yang menjadi tujuan utama dari CSR adalah pembangunan berkelanjutan.

Kalau mendengar kata CSR, pasti yang dipikirkan pertamakali adalah uang. Sehingga sebagian besar juga masih berpikir CSR adalah sumbangan perusahaan

Selain itu, masih banyak yang menganggap CSR hanya aspek sosial saja, padahal tidak. Karena tujuannya adalah pembangunan berkelanjutan, tentunya selalu ada aspek ekonomi, sosial, dan juga lingkungan tentu menjadi aspek penting CSR.

Lalu, apa itu CSR? CSR sebetulnya adalah Tanggung jawab suatu organisasi atas dampak dari keputusan dan aktivitasnya terhadap masyarakat dan lingkungan, melalui perilaku yang transparan dan etis, yang :
  • Konsisten dengan pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat;
  • Memperhatikan kepentingan dari para stakeholder
  • Sesuai hukum yang berlaku
  • Konsisten dengan norma-norma internasional;
  • Terintegrasi di seluruh aktivitas organisasi, baik kegiatan, produk maupun jasa.

Dampak yang ditimbulkan perusahaan bisa dampak positif maupun negatif. “Bila dampaknya negatif, perusahaan harus mengetahui seluruh potensinya dan kalau bisa hal itu tidak terjadi atau diminimalisir. Sementara kalau dampaknya positif hendaknya dimaksimumkan sehingga perusahan bisa memberikan hasil positif bagi masyarakat.

--------------

#CSRmenurutparaahli #undangundangcsr #CSRadalah #tujuanCSR #manfaatCSR #definisiCSR #fungsiCSR #corporatesocialresponsibility #tanggungjawabsosialperusahaan #peraturanCSR #CSR #CSRdiIndonesia

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538