Melirik Program Green Corridor Initiative (GCI)

Jakarta, 6 Juli 2014 - Program Halimun - Salak Green Corridor Initiative (GCI) adalah kerjasama KEHATI dengan PT Chevron Geothermal Salak dan Balai Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Kementerian Kehutanan selama lima tahun yang dimulai sejak tahun 2012-2016. 

Kehadiran Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) sejak 12 Januari 1994 dimaksudkan untuk menghimpun dan mengelola sumberdaya yang selanjutnya disalurkan dalam bentuk dana hibah, fasilitasi, konsultasi dan berbagai fasilitas lain guna menunjang berbagai program pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia dan pemanfaatannya secara adil dan berkelanjutan.
Melalui Green Corridor Initiative (GCI), program ini bertujuan untuk melakukan restorasi Koridor Halimun Salak (KHS) untuk penghidupan yang berkelanjutan yang menghubungkan dua ekosistem penting, yaitu ekosistem Gunung Salak dan ekosistem Halimun, yang merupakan habitat dan tempat perlintasan bagi tiga spesies kunci yaitu: Owa Jawa (Hylobates moloch), Macan (Panthera pardus), dan Elang Jawa (Spizaeteus bartelsi), serta menjadi bagian dari daerah tangkapan air DAS Cisadane dan DAS Citarik.
Upaya restorasi koridor dilakukan dengan melibatkan masyarakat setempat yang di Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi dan Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, serta masyarakat luas yang tergabung dalam member green web (www.green.web.id) melalui game “Pohon Kita” dan dukungan dalam pameran, serta berbagai dukungan dan donasi dari pihak swasta.
Target restorasi selama 5 (lima) tahun seluas 500 ha, pada musim tanam I (2012 -2013) telah tercapai seluas 90 ha. Untuk mengamankan kawasan restorasi telah dibentuk Tim Pengamanan Partisipatif yang beranggotakan masyarakat yang dilatih dan didukung oleh Balai TNGHS.
Kelompok masyarakat setempat yang terlibat dalam restorasi KHS menjadi penerima manfaat langsung untuk pengembangan ekonomi produktif, melalui kegiatan pertanian terpadu dan berkelanjutan, pengembangan kelembagaan ekonomi masyarakat, serta pengembangan pusat pembelajaran masyarakat.

Selengkapnya : http://www.kehati.or.id/id/ekosistem-kehutanan/green-corridor-initiative.html

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538