Sustainable Seafood; Bukan Pasar Ikan Biasa

Jakarta, 6 Juli 2014 - Seafood merupakan makanan favorit kebanyakan orang karena diyakini kaya akan gizi. Namun, kebanyakan orang – baik dari produsen hingga konsumen – tidak mengetahui mana jenis seafood yang perlu dijaga populasinya dan mana yang dapat dikonsumsi secara bebas. 
 
Dalam rangka Hari Kelautan Sedunia (World Ocean Day) yang jatuh setiap tanggal 8 Juni serta Hari Segitiga Terumbu Karang Sedunia (Coral Triangle Day) pada 9 Juni mendatang, WWF-Indonesia mengadakan acara Sustainable Seafood Festival 2014 bertajuk "Bukan Pasar Ikan Biasa", di Bintaro Nine Walk, Tangerang, Banten ( 7-8 Juni 2014).
Sustainable Seafood Festival ini meliputi beragam kegiatan, seperti demo masak (barbeque) bersama. Tapi menyantap seafood segar bukan satu-satunya di sini. Ada pula edukasi lewat workshop "Healthy Ocean = Healthy People" dan Deklarasi Masyarakat Cinta Ikan.
Dalam acara ini, secara langsung publik dapat mendapat wawasan lebih jauh mengenai praktik perikanan yang ramah lingkungan, membeli produk seafood berkualitas, mengapresiasi para nelayan dan pembudidaya hidangan laut.
Pada tahun 2011, WWF-Indonesia pernah meluncurkan kampanye “Bijak Memilih Seafood”, yang  ditujukan kepada para konsumen agar mereka tetap dapat mengonsumsi seafood favorit tanpa membuat populasinya menurun. WWF-Indonesia gencar mempromosikan produk seafood berkelanjutan bersertifikasi Marine Stewardship Council (MSC) dan Aquaculture Stewardship Council (ASC), yang mana merupakan standar emas pengelolaan sumberdaya alam laut dan pesisir.
Dalam acara ini, secara langsung publik dapat mengetahui lebih jauh mengenai praktik perikanan yang ramah lingkungan, membeli produk seafood berkualitas dan mengapresiasi para nelayan dan pembudidaya seafood yang tergabung dalam JARNUS (JARING Nusantara), yang dibentuk WWF-Indonesia tahun 2013, yang bertujuan untuk mendampingi produsen di tingkat nelayan dan pembudidaya dalam melakukan praktik-praktik terbaik penangkapan dan pengembangbiakan produk seafood.

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538