Dari Cyber PR, Menuju CSR

Jakarta, 19 September 2014 - Sekarang ini, bila kita mendengar istilah CSR (Corporate Social Responsibility) atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan mungkin sudah tidak asing lagi. Dalam banyak bentuk, sebagian perusahaan di Indonesia telah memberikan kontribusi positifnya pada masyarakat dan lingkungan sekitar melalui CSR. 

Konsep CSR didasarkan pada tiga pilar yang dikenal sebagai 3-P (People, Profit, Planet) atau triple bottom line (ekonomi, ekologi, sosial). Melalui penerapan CSR, diharapkan agar ketiga segi ini: manusia atau faktor sosial, keuntungan atau faktor ekonomi, dan bumi atau faktor lingkungan, tetap dalam keadaan seimbang; keadaan ideal yang diharapkan mendukung pembangunan berkelanjutan.
CSR yang saat ini menjadi isu penting dalam pembangunan secara berkelanjutan, juga dapat memanfaatkan kekuatan media internet. CSR sebagai kegiatan bersama antara perusahaan, masyarakat, juga pemerintah, dan stakeholder lainnya seringkali perlu di komunikasikan untuk mencapai kesepakatan bersama.
Media untuk mengkomunikasikan semua gagasan, ide, pesan, kebijakan, dan aktivitas CSR, selain melalui media konvensional, dapat juga menggunakan media online. Tujuannya untuk dapat membentuk pendapat, sikap dan perilaku stakeholder untuk berubah sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Selain itu, penggunaan media on line juga dapat mempengaruhi agenda media konvensional dan gate keeper dari media massa.
Tentu saja, pengenalan dan pengembangan konsep Cyber PR, yang utamanya seperti menjadi pembahasan dalam buku ini – karya Ujang Rusdianto, perlu dilakukan di Indonesia. Harus kita akui, selama ini perkembangan komunikasi CSR di Indonesia kurang mengoptimalkan kekuatan cyber media. Dengan cyber media, komunikasi yang dilakukan sifatnya konstan selama 24 jam, responnya cepat, khalayaknya global, dapat dilakukan komunikasi dua arah, dan dengan biaya yang murah.
Cyber CSR sebagai salah satu media yang membantu komunikasi CSR, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak penerima pesan komunikasi untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, sikap dan perilakunya. Untuk itu pengelola cyber media untuk kegiatan CSR bukan hanya mengupdate informasi, namun juga mengatasi respon stakeholder. Dengan demikian, pemanfaatan media dapat berjalan optimal. Selamat membaca.

Dr. Prima Mulyasari, M.Si
Executive Director Cesri
Konsultan/Trainer/Dosen Pascasarjana Komunikasi

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538