Resensi Buku : Cyber CSR

Jakarta, 19 Februari 2014 - Komunikasi antara perusahaan dan stakeholder adalah suatu proses penting untuk meningkatkan hubungan dengan stakeholder. Salah satu media yang dapat digunakan perusahaan adalah melalui media internet, seperti website dan situs jejaring sosial. Komunikasi bermedia Internet, merupakan konsep dan area studi yang relatif baru dan belum banyak tersentuh. Beberapa eksplorasi tentang media Internet memberikan kontribussi pada terminologi komunikasi bermedia Internet atau yang lebih popular di sebut komunikasi virtual.


Internet merupakan media interaktif yang memberikan peluang bagi terjadinya interaksi antara perusahaan dengan stakeholder dalam memperbincangkan berbagai isu-isu tertentu. Dengan adanya interaksi ini, perusahaan dapat melanjutkan hubungan lebih intens dengan para stakeholder. Dengan cara ini dapat membantu perusahaan menentukan kebijakan yang tepat bagi perusahaan dalam mengkomunikasikan aktivitas CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

Menariknya, saat ini jika perusahaan tidak memiliki website dan memanfaatkan situs jejaring sosial (seperti blog, facebook dan twitter) justru akan dianggap aneh. Pasalnya, dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat, media online ini adalah tempat pertama yang dikunjungi publik jika ingin mengetahui lebih jauh tentang suatu perusahaan. Tapi bagaimana mengkomunikasikan CSR melalui media sosial tersebut?

Buku ini memberikan uraian singkat namun padat terkait upaya yang dapat dilakukan Cyber PR (Public Relations) untuk mengkomunikasikan CSR di Indonesia berikut teknik dan strategi pemanfaatan media sosial dalam konteks komunikasi CSR. Secara khusus, buku ini memberi panduan bagaimana membangun konten di kanal CSR pada website dan CSR campaign di media sosial.

Bagaimanapun, komunikasi adalah proses terpenting dalam kegiatan PR, terlebih lagi dengan adanya berkembangnya internet yang menawarkan berbagai variasi media komunikasi, dan tidak hanya itu, pengguna internet di seluruh dunia setiap hari terus mengalami peningkatan, maka hal ini juga memiliki nilai efektifitas yang tinggi. Oleh karena itu, setiap bentuk kegiatan PR juga semakin membutuhkan satu atau lebih unsur teknologi informasi. Selamat membaca.

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538