Optimalisasi ICT dalam Komunikasi CSR

Jakarta, 18 September 2014 - Perkembangan teknologi informasi komunikasi (TIK) atau lazim disebut sebagai Informations communication technologie (ICT) saat ini telah melampaui masa konvergensi (perpaduan berbagai teknologi kedalam satu teknologi cangih) yang semakin cepat, portable, nirmassa dan easy use.

Perkembangan ICT memiliki konsekuesni yang dapat dipredksi dan diinginkan sehingga memberikan andil kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan termasuk di dalamnya dalam pola manajemen perusahaan serta aspek-aspek yang memiliki keterkaitan dengan pengelolaan perusahaan.
Ketika teknologi internet mulai booming dan web menjadi salah satu fasilitas yang populer untuk digunakan dalam penyampaian informasi kepada publik, maka kepememilikan web dalam suatu perusahaan memberikan andil menaikkan “gengsi” citra perusahaan sebagai perusahaan modern dan bersifat global. Pada saat yang bersamaan popularitas e-mail menghilangkan korespondensi konvensional dalam perusahaan baik secara internal maupun eksternal sehingga terjadi efisiensi dalam waktu korespondensi serta pengurangan budgeting ongkos korespondensi yang juga menampilkan citra global.
Konsekuensi penggunaan web dalam perusahaan tidak berhenti hanya pada penyampaian informasi kepada publik saja tetapi pada akhirnya memunculkan konsep-konsep baru dalam aplikasinya. Yang paling populer dan menjadi euforia pada tahun 2006 adalah munculnya istilah e-PR (electronic Public Relations) atau kemudian juga disebut sebagai cyber PR. Meskipun beberapa pakar PR lebih memandang cyber PR sebagai media dalam penyebarluasan PR konvensional namun pada akhirnya cyber PR menunjukkan eksistensi lebih daripada hal tersebut.
Pembahasan cyber PR memang telah menjadi buzzword dikalangan akademisi maupun praktisi PR, namun belum mencapai kepada detail pemanfaatannya dalam berbagai aspek program PR. Salah satu aspek PR yang belum banyak diungkapkan adalah bagaimana memanfaatkan ICT untuk keperluan Corporate Social Responsibilty (CSR) perusahaan.
Buku Cyber CSR ini mampu mengisi kekurangan dari berbagai diskusi, seminar, dan artikel pemanfaatan ICT dalam rangka pelaksanaan program CSR perusahaan. Uraian yang detail pemanfaatan ICT dalam kerangka pelaksanaan CSR pada buku ini dapat membantu para praktisi PR untuk mengaplikasikan ICT dalam pemenuhan pelaksanaan program CSR pada perusahaan mereka. Apresiasi lain yang bisa diberikan dari buku ini juga memberikan landasan pemanfaatan ICT dalam aktivitas PR serta dampak positif penggunaan ICT dalam ranah PR secara umum dan CSR secara khusus yang saya yakin belum terpikirkan oleh banyak praktisi PR.
Kemanfaatan dari buku ini bukan hanya untuk mereka para praktisi PR namun juga dapat digunakan sebagai buku referensi para mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi konsentrasi Public Relations karena masih langkanya buku referensi yang mengkaji sudut pandang CSR dengan memanfaatkan ICT. Pada sisi yang lain buku ini juga dapat digunakan oleh para praktisi di bidang Informations Technologie (IT) sebagai stimulus ide dan gambaran dalam pembuatan program software yang mensupport dan memiliki keterkaitan dengan aktivitas CSR di perusahaan.

Edwi Arief Sosiawan

Akademisi Psikologi Komunikasi dan ICT
di berbagai PTN dan PTS di Yogyakarta

 

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538