Menanti perhatian Pemda terkait Peremajaan Sawit (replanting)

Jakarta, 9 Oktober 2014 (Ujang Rusdianto) - Dengan harga produk komoditi kelapa sawit (minyak sawit) yang tinggi, petani kebun kelapa sawit tentunya menghendaki tanaman kelapa sawitnya tetap pada kondisi panen yang maksimum agar hasil penjualan Tandan Buah Segar (TBS) mereka dapat mendatangkan penghasilan yang cukup tinggi.

Memang secara alami, produksi tanaman kelapa sawit akan terus meningkat ditopang pula dengan penerapan kultur teknis yang optimal sampai pada kondisi umur tertentu, produksi akan mencapai puncaknya, dan kemudian akan terus menurun pada akhirnya saat umur tanaman sudah tua (tidak produktif), produksi tanaman akan menurun tajam bahkan tidak berproduksi sama sekali. 
Dalam kondisi seperti ini para petani pekebun kelapa sawit akan mengalami  masa suram apabila kebun kelapa sawit mereka tidak segera di remajakan (replanting). Jadi pada prinsip dasarnya kepentingan bagi petani pekebun untuk melakukan replanting (peremajaan) tanaman Kelapa sawit adalah sebagian tanaman sudah berumur tua, produktivitasnya menurun, kegiatan panen akan terhambat (sulit), biaya produksi tidak seimbang dengan pendapatan dan pendapatan semakin menurun.
Di Riau misalnya, sebanyak 142 ribu hektar kebun sawit perlu dilakukan replanting, 5 ribu hektar akan dilakukan pengembangan perkebunan sawit. Namun semuanya itu belum bisa mendapatkan dana revitalisasi dari perbankan. Terlepas dari masalah ini, ada masalah lain yang perlu menjadi catatan pemerintah daerah, utamanya yang di daerah-daerah yang masyarakatnya adalah petani kelapa sawit.
Pemerintah daerah perlu lebih giat dalam mensosialisasikan dan memberikan pelatihan pada masyarakat, baik sebelum maupun pasca di lakukan replanting (peremajaan) tanaman kelapa sawit terkait misalnya, kapan saatnya harus melakukan peremajaan? Bagaimana dampak replanting dan cara mengatasinya? Apa saja persyaratan bahan tanaman? Maupun pemanfaatan teknologi dan usaha strategis lainnya untuk membantu perekonomian masyarakat.    

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538