Komunikasi Sosial Efektif untuk KUKM

Jakarta, 10 Oktober 2014 (Ujang Rusdianto) - Secara umum sasaran program Koperasi dan Usaha Kredit Mikro (KUKM) adalah peningkatan kesejahteraan keluarga dan penyerapan tenaga kerja. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini, berbagai usaha pemberdayaan KUKM telah dilakukan pemerintah melalui Kementerian Negara Koperasi dan UKM.
 
Upaya yang dilakukan Kementerian Negara Koperasi dan UKM yaitu mengubah imej dan citra melalui dua sisi. Pertama, sisi makro diperlukan rencana strategis mengkomunikasikan usaha-usaha pemberdayaan dalam konteks perencanaan nasional, regional dan lokal. Kedua, sisi mikro yang menjadi porsi dunia bisnis dalam konteks business strategy. Di sisi mikro diharapkan adanya perubahan pengusaha UKM dalam konteks pengembangan entrepreneurship dan manajemen.
Perubahan kerangka berpikir bisnis ini untuk masyarakat di tingkat akar rumput tidaklah mudah,  maka diperlukan suatu strategi komunikasi yang mampu mengubah perilaku berbasis pasar. Komunikasi sosial usaha pemberdayaan yang strategis, diharapkan mampu mengajak semua lapisan masyarakat mewujudkan sasaran mensejahterakan masyarakat.
Bagaimanapun, banyak faktor internal maupun eksternal yang dianggap sebagai faktor ekonomi semata tetapi sebenarnya secara mendasar sangat terkait dengan aspek sosial budaya yang akan mempengaruhi tingkat keberhasilan koperasi dan KUKM.
Masih sedikit kajian sosial yang mampu menggali kegagalan maupun keberhasilan yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan dan pemberdayaan KUKM. Padahal akar permasalahan utama justru pada pengorganisasian masyarakat melalui usaha di tingkat keluarga dan komunitas. Konteks lokal menjadi bahan pertimbangan utama dalam usaha mengubah perilaku bisnis keluarga.
Secara sosiologik, Public Relation (PR) dapat berperan sebagai komunikasi sosial yang efektif dalam meningkatkan fungsi sosial program Koperasi dan UKM agar dapat diterima bahkan menjadi generator utama dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Peran komunikasi diharapkan berdampak langsung pada masyarakat dan masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Program Pemberdayaan Koperasi dan UKM.
Lebih jauh, strategi komunikasi sosial yang efektif tidak hanya ditentukan oleh aktor sebagai komunikator dan sasaran program sebagai penerima (reciever) tetapi latar belakang aktor, kondisi sosial budaya sasaran program menjadi penentu keberhasilan program. Pengorganisasian komunitas sebagai program pemberdayaan ditentukan oleh strategi komunikasi yang diterapkan oleh semua lembaga yang terlibat.

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538