Berkolaborasi Atasi Anak Putus Sekolah

Jakarta, 19 Maret 2014 – Rezhyta Amanda - “Save a Teen” merupakan program penggalangan dana yang merupakan inisiatif dari Putera Sampoerna Foundation. Program pendidikan ini didukung dengan adanya kolaborasi antara Putera Sampoerna Foundation dengan 32 mitra. Hal ini dilakukan dalam upaya mengikis angka remaja putus sekolah di Indonesia.
Kampanye penggalangan dana yang dimulai sejak tahun 2009 ini menawarkan cara mudah dan praktis bagi para individu dan organisasi untuk memberikan bantuan dan meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas kepada generasi muda berprestasi dan berkarakter, namun berasal dari keluarga prasejahtera.
Inisiatif Putera Sampoerna Foundation ini merupakan program kampanye PR yang menarik dan bermanfaat. Selain program ini memberikan penerangan terus-menerus serta pengertian dan memotivasi masyarakat, program ini juga merupakan suatu kegiatan yang berkesinambungan dan terencana untuk mencapai publisitas dan citra yang positif bagi Putera Sampoerna Foundation itu sendiri. 

Capaian Program 2013
Mengusung tema “Collaboration in Support of Better Education”, para mitra yang bergabung dalam program “Save a Teen” turut menjadi agen perubahan dalam memajukan pendidikan di Indonesia.
Hingga tahun 2013, “Save a Teen” telah membantu 54 siswa/i dari keluarga prasejahtera, yang berasal dari berbagai daerah Indonesia, untuk melanjutkan pendidikan mereka di Akademi Siswa Bangsa Internasional (ASBI). Akademi Siswa Bangsa Internasional adalah sekolah setingkat SMA bertaraf internasional dengan sistem asrama di bawah naungan Putera Sampoerna Foundation. Sekolah ini menerapkan pendidikan holistik abad 21 (21st Century Learning) dan kurikulum berstandar internasional dari International General Certificate of Secondary Education (IGCSE).
Kampanye ini setidaknya telah membawa perubahan bagi kelangsungan bangsa kita secara perlahan-lahan. Dengan memberikan beasiswa kepada siswa/i yang berprestasi itu sama saja dengan memberikan perubahan dalam hal yang baik untuk bangsa kita kedepannya. Pengetahuan yang diberikan oleh Akademik Siswa Bangsa Internasional (ASBI) yang didukung dengan anak-anak yang berprestasi akan melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan mengubah bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat.

Kunci Keberhasilan Program
Salah satu kunci keberhasilan program ini adalah banyaknya mitra yang bergabung dalam program ini. Semakin banyak mitra yang bergabung, maka semakin banyak jalur donasi untuk membantu remaja putus sekolah. Sebanyak 32 mitra menunjukkan komitmennya untuk mendukung pemerataan pendidikan Indonesia. Angka ini meningkat hampir dua kalilipat bila dibandingkan dengan tahun 2012 yaitu 19 mitra. Ini menunjukan bahwa semakin banyak pihak yang peduli dan memahami pentingnya memberikan akses pendidikan yang merata bagi remaja berpretasi dari keluarga prasejahtera.
Sejak diluncurkan pada tahun 2009, “Save a Teen” telah menggandeng mitra dari berbagai sektor industri seperti perbankan, telekomunikasi, restoran dan hiburan. Namun, meski jumlah mitra ini mengalami peningkatan, sayangnya, jumlah ini belum sebanding dengan jumlah siswa/i yang sudah dibantu, dimana jumlah siswa/i yang sudah dibantu dari tahun 2009-2013 hanya 54 orang.
Seyogiannya, program ini dapat lebih banyak lagi membantu siswa/i yang berasal dari keluarga prasejahtera, karena sudah banyak terdapat mitra yang bekerjasama dan otomatis akan menguatkan modal, maka program ini harusnya dapat lebih berkembang lagi. Dengan begitu, program ini akan menjadi suatu program kampanye yang memberikan manfaat dan dampak positif lebih banyak lagi, baik bagi masyarakat maupun bagi Putera Sampoerna itu sendiri sebagai pencetus program.
Editor : Ujang Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538