Promosi melalui Special Event

Jakarta, 19 Maret 2014 – Mega Fitria - L.A Lights merupakan rokok Mild berkadar Tar rendah yang di produksi oleh PT Djarum pada 21 April 1999. Merek rokok ini cukup ternama di Indonesia, pada tahun 2001 hingga 2005 sempat menempati peringkat keempat rokok Mild dibawah A Mild, Bentoel Mild, dan Star Mild. Rokok Mild ini memiliki beberapa slogan, slogan pertamanya yang cukup terkenal pada tahun 2001 hingga 2010 adalah "Enjoy Aja!",  lalu slogan "Berani Enjoy?" pada tahun 2010 hingga 2013, dan slogan terbarunya adalah "Let's Do It" pada tahun 2013.

Event Sponsorship
L.A Lights sendiri, memiliki kualitas dan image yang berbeda diantara beberapa produk mild yang di produksi PT Djarum atau merek perusahaan lain yang menggunakan event sponsorship sebagai salah satu strategi dalam memasarkan produknya. Karena produk merupakan salah satu produk yang memiliki keterbatasan dalam berpromosi. Hal ini dikarenakan tidak semua alat promosi dapat digunakan dalam memasarkan produk ini. Oleh sebab itu, PT Djarum dalam mempromosikan produk kepada konsumen akhir dengan cara melalui event sponsorship ini yang telah diakui sebagai bentuk promosi yang cukup menonjol, dan mendapat banyak perhatian.
Event sponsorship L.A Lights diantaranya adalah ; Pertama, penyelenggaraan L.A Lights Indiefest yang merupakan ajang pencarian band indie yang di seleksi diberbagai daerah yang finalisnya akan mengisi album kompilasi L.A Lights Indiefest. Kedua, L.A Lights Street Ball merupakan event kompetisi basket 3 on 3 yang diadakan setiap satu tahun sekali. Ketiga, L.A Lights indie Movie merupakan ajang kompetisi film indie yang diadakan setiap satu tahun sekali di berbagai kota. Keempat, L.A Lights Mobile Movie Movie Competition merupakan ajang kompetisi film yang dibuat menggunakan media telepon seluler. Kelima, L.A Lights Enjoy Music merupakan event live music yang diadakan di tempat-tempat umum dan menjadi title sponsor event musik tahunan. Terakhir atau keenam, L.A Ligths Java Soulnation Festival dimana L.A Lights bekerja sama dengan Java Festival Production dalam menghadirkan LA Lights Java Soulnation Festival, yang merupakan salah satu festival musik bergengsi yang menggabungkan beberapa genre music seperti Soul, Pop, Dance, RnB dan Hip Hop.

Pemilihan Media Promosi
Dengan diselenggarakannya event ini, sebenarnya perusahaan berusaha untuk mengikat target audience dalam hubungan emosional (emotional touch) terhadap produk L.A Ligts. Hal ini terjadi karena para event attendance memiliki minat yang besar terhadap event yang diadakan. Merek akan mempertegas brand character-nya dengan gaya hidup para event attendance sehingga terjadi hubungan emosional yang kuat serta bertujuan untuk mempengaruhi psikologi mereka terhadap persepsi brand image produk sponsor selama acara berlangsung dengan menunjukkan eksistensi produk L.A Lights melalui media alat promosi disekitar lokasi acara kegiatan, contohnya seperti umbul-umbul, booth, banner-up, banner-x, rotating banner, back-drop, neon box serta media-media lainnya.
Tentu saja, aktivitas di atas bisa membantu perusahaan mendapatkan fasilitas untuk memasang logo produk perusahaan dan juga mendapat liputan dari beberapa media, karena event sponsorship L.A Lights cukup unik dan mampu mengundang perhatian media massa untuk meliput dan mempublikasikan melalui berita yang akan dimuat.
Dengan adanya publikasi media massa terhadap event sponsorship L.A Lights ini akan membantu upaya membangun dan memperkuat kepercayaan konsumen terhadap brand image rokok L.A Lights, dengan brand image yang kuat untuk membedakan perusahaan dengan pesaing, karena brand image suatu perusahaan tidak dapat disamakan dengan brand image perusahaan lain.
Selain itu publikasi media massa juga bertujuan mempengaruhi event sponsorship dalam upaya membangun dan memperkuat kepercayaan konsumen terhadap brand image rokok L.A Lights di masyarakat, karena publisitas media massa memiliki cakupan yang luas, dan informasi media massa itu sendiri sebagai informasi yang berasal dari luar yang memiliki nilai berita yang tidak dapat dikendalikan dan tentunya tidak dibayar oleh sumber untuk penempatan informasi.
Segmen target audience dari event ini adalah segmen pasar anak muda yang memilliki kesesuaian dengan produk L.A Lights itu sendiri. Mungkin apabila dalam setiap event memiliki konsep yang berbeda dan pemilihan waktu yang tepat, kedepannya event ini akan mampu bertahan lebih lama. Terutama pada tujuannya, yaitu mengikat target audience dalam hubungan emosional (emotional touch) menjadi lebih dalam lagi.

Editor : Ujang Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538