Factory Visit Yakult; Lebih Dekat dengan Bakteri


Jakarta, 14 Maret 2013 - Mega Fitria - PT. Yakult Indonesia Persada  (YIP) berdiri sejak tahun 1990 dan merupakan perusahaan minuman probiotik yang mengandung bakteri berguna  lactobacillus casei shirota strain yang bermanfaat bagi pencernaan manusia dan dijual dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, Yakult dikenal sebagai pelopor probiotik.

Factory Visit; Program Global Yakult
Untuk meningkatkan nilai produk dan juga memperkenalkan produk Yakult lebih dalam lagi, YIP membuat program factory visit (kunjungan pabrik) yang merupakan program global Yakult. Program ini tidak baru di perusahaan ini melainkan terselenggara sejak tahun 1991. Dengan program ini, YIP mengajak berbagai kalangan terutama ibu-ibu yang salah satunya adalah komunitas ibu-ibu tingkat RT/RW untuk melihat pembuatan Yakult, mulai dari pembibitan bakteri, tahap fermentasi, pembuatan botol, hingga tahap pengemasannya. Hal ini merupakan usaha keras YIP karena produk Yakult itu sendiri merupakan bakteri yang biasanya manusia hindari.
Factory visit ini diberikan secara cuma-cuma dimana peserta program akan di fasilitasi dan di tanggung oleh pihak YIP. Dengan program ini YIP akan mendapatkan berbagai manfaat yaitu, menanamkan brand awareness Yakult pada konsumen, edukasi pasar yang membuat peserta tidak hanya sekedar tahu tetapi juga mengetahui manfaat dari Yakult dan mampu menarik konsumen baru karena hampir sebagian peserta program akan membeli Yakult di akhir kunjungan. 
Dengan merasa puasnya konsumen (peserta program) karena telah mengenal lebih jauh pembuatan proses pembuatan Yakult sehingga akan meningkatkan penilaian terhadap Yakult semakin  kuat. Program ini akan mampu membuat peserta yang telah mengikuti program ini akan menceritakan kembali kunjungannya kepada orang lain dan tanpa sadar akan mempengaruhi orang lain dan mempromosikan produk Yakult itu sendiri, tentunya hal  ini akan menguntungkan pihak perusahaan untuk membangun citra yang positif dan membangun komunitas semakin banyak lagi.

Meningkatkan Kinerja Program
Sebenarnya dengan adanya program ini, YIP mampu meminimalisir anggaran iklan pada televisi. Pada faktanya juga iklan Yakult ini sendiri memang tidak terlalu sering muncul di TV, namun mampu membangun awareness pada benak konsumen. Program ini sangat efektif karena menguntungkan antara pihak konsumen dan YIP, dimana konsumen akan  mendapatkan pengetahuan baru tentang produk itu sendiri dan pihak YIP akan lebih mudah membangun hubungan dan meningkatkan nilai produk pada konsumennya.
Namun, YIP masih harus terus meningkatkan kinerjanya. Mungkin program ini akan berjalan semakin lebih baik lagi apabila YIP menambahkan program kegiatan lainnya, tidak hanya dengan kunjungan pabrik melainkan menambahkan kegiatan-kegiatan lainnya sehingga tidak hanya program itu saja setiap tahunnya bahkan setiap harinya, agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan YIP itu sendiri. Mungkin juga YIP tidak melupakan pengenalan produk melalui media TV yaitu iklan, agar konsumen yang tidak mengikuti program kunjungan pabrik, tahu produk Yakult melalui iklan dan mengingatkan kembali ke dalam benak konsumen.

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538