Pertamina; Lestarikan Lingkungan melalui Sobat Bumi

Jakarta, 14 Maret 2013 – Firda Dyah - PT Pertamina (Persero) fokus menjalankan komitmen tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) dengan menggagas Deklarasi Nasional Pembentukan Karakter Sobat Bumi. Hal ini dilakukan Pertamina untuk menjaga kelestarian lingkungan sebagai tempat kelangsungan hidup makhluk hidup terutama untuk masa depan. Juga diinspirasi dari nilai luhur sobat bumi dalam mencintai bumi dengan peduli, menjaga, dan melestarikan lingkungan. Deklarasi ini ditandatangani oleh semua direktur Pertamina.

Bersinergi dengan Komunitas
Pada setiap perusahaan pasti mempunyai komunitas atau khalayaknya. Perusahaan tidak dapat berdiri sendiri apabila tidak ada lingkungan sekitar yang mendukungnya. Hubungan yang baik harus dapat terbina agar perusahaan dapat berjalan lancar. Public Relations (PR) adalah proses yang terus menerus dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari para pelanggannya, para pekerjanya, dan masyarakat luas, ke dalam dengan mengadakan analisis dan perbaikan-perbaikan terhadap diri sendiri. Selain itu agar dapat tercipta goodwill antara perusahaan dengan komunitasnya yang berhubungan dengan keberlangsungan jalannya perusahaan. Jika tidak komunitas yang tidak terpuaskan akan menghambat jalannya laju perusahaan. Komunitas perusahaan adalah lingkungan eksternal maupun internal perusahaan.
Dalam konsep PR lama yang memposisikan organisasi sebagai pemberi donasi, maka program community relations hanyalah bagian dari aksi dan komunikasi dalam proses PR. Bila berdasarkan pengumpulan fakta dan perumusan masalah ditemukan bahwa permasalahan yang mendesak adalah menangani komunitas, maka dalam perencanaan akan disusun program community relations ini kemudian dijalankan melalui aksi dan komunikasi. Dan yang memosisikan komunitas sebagai mitra, dan konsep komunitasnya, community relations dianggap sebagai program tersendiri yang merupakan wujud tanggung jawab sosial organisasi. Dalam hal ini PT. Pertamina (Persero) memposisikan community Relations sebagai poin pertama yaitu tanggung jawab Pertamina sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dan peduli terhadap pentingnya melakukan sinergi dengan masyarakat atau komunitasnya dalam program Pertamina Sobat Bumi.
Program CSR Pertamina yang sudah diperkenalkan sejak 1 Desember 2011 dengan fokus kepada empat program utama, yakni Gerakan Menabung Pohon, Sekolah Sobat Bumi, Beasiswa Sobat Bumi, dan Pertamina Soccer School. Pertamina juga meluncurkan buku Nusantara Local Wisdom yang berisi foto-foto aksi hijau yang telah dilakukan Pertamina. Selain itu juga sudah menggelar Festival Sobat Bumi, dari tanggal 2 sampai 4 Desember lalu, yaitu terdiri dari pameran Green Action, Gerakan Menabung Pohon, Beasiswa dan Sekolah Sobat Bumi, juga ada pameran 56 karya foto terbaik Sobat Bumi. Yang mana festival tersebut merupakan bagian dari siklus Sobat Bumi yang melibatkan sekolah, komunitas, dan korporasi; serta bertujuan untuk menunjukkan pencapaian dan prestasi program-program CSR Pertamina.

Pentingnya Kesadaran Lingkungan
Kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan yang semakin hari semakin terancam adalah sebuah kewajiban yang seharusnya menjadi prioritas utama dalam setiap program kerja yang akan dijalankan oleh PT pertamina (persero). Peduli lingkungan hendaknya bukan hanya menjadi perhatian komunitas pencinta lingkungan saja, namun hal ini sewajarnya menjadi perhatian semua elemen masyarakat. Sebagai manusia yang hidup dibumi, tentunya kita memerlukan oksigen dan kita juga tidak mungkin hidup di bumi yang gersang, untuk itu semua manusia akan memerlukan tumbuh-tumbuhan sebagai penyumbang oksigen dan pemberi keteduhan. Komitmen yang tinggi terhadap kelestarian lingkungan harus tumbuh dan selalu dikonstruksikan sebagai sebuah janji yang wajib untuk direalisasikan. Kita harus membiasakan diri untuk selalu memperhatikan lingkungan, yang terpenting adalah keberlanjutannya untuk selalu peduli terhadap lingkungan yang bersih, hijau dan asri tanpa embel-embel apapun dibelakangnya. Artinya, setiap aksi peduli lingkungan yang dilakukan adalah murni sebagai bentuk kesadaran dan tujuannya untuk melestarikan lingkungan.
Dengan demikian, diharapkan kegiatan peduli lingkungan dalam program Pertamina Sobat Bumi dengan penanaman pohon tidak dianggap sebagai beban yang akan mengganggu aktivitas lainnya. Tanamlah dengan keikhlasan sebagai wujud syukur kita terhadap makhluk ciptaan Tuhan. Lingkungan yang indah, rapi, teduh, nyaman, dan hijau tentunya dapat membawa manfaat dan keuntungan buat kita. Selain bisa hidup dengan sehat, kita juga dapat menikmatinya. Dengan kegiatan peduli terhadap lingkungan, anggap saja kita melakukan investasi untuk masa depan 
Untuk itu PT. Pertamina (persero) dan semua elemen masyarakat diharapkan dapat menerapkan cinta lingkungan dimulai dari sekarang. Partisipasi semua elemen masyarakat akan sadar lingkungan sangat diharapkan. Rehabilitasi terhadap lahan gersang dan penanaman kembali hutan yang gundul harus terus kita galakkan. Satu saja pohon kita tanam didepan rumah tentu akan membawa penghijauan didaerah kita sendiri. Ada baiknya mulailah kita membiasakan diri untuk melakukan penghijauan di sekitar kita.
Mengatasi kerusakan lingkungan dengan cara reboisasi di lahan yang telah rusak, mencegah penebangan pohon secara liar, dan menerapkan sistim tebang pilih, mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan menggantinya dengan bahan bakar alternatif, tidak membuang sampah sembarangan, mengolah limbah terlebih dahulu sebelum dibuang, menggunakan bahan-bahan yang mudah diuraikan ditanah, melakukan upaya pembersihan permukaan tanah dari polutan dan menerapkan prinsip 4 R yaitu Reduce (mengurangi pemakaian), Reuse (memakai ulang), Recycle (mendaur ulang) dan Replant ( menanam sampah organik). 
Harapannya, setelah ini dapat bermunculan kegiatan sadar lingkungan dan itu bukan hanya saja dikalangan komunitas Pertamina Sobat Bumi namun seluruh elemen masyarakat dapat mulai melakukan kegiatan peduli lingkungan. Semoga!!!!

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538