Forum CSR Jabar : Prioritaskan Lima Bidang

Jakarta, 28 Juni 2014 (Ujang Rusdianto) - Pembangunan daerah merupakan tantangan yang besar bagi Pemerintah, khususnya dalam sinkronisasi kegiatan yang dilakukan oleh pihak swasta dan pihak pemerintah, maupun terkait dengan keterbatasan pendanaan yang dimiliki oleh Pemerintah. 
 
Di Jawa Barat, setidaknya ada tiga hal yang menjadi krisis sosial. Yakni, pendidikan, perekonomian, dan infrastruktur. Di bidang pendidikan, program wajib belajar belum optimal sehingga fenomena buta aksara masih tinggi. Di bidang perekonomian,  potensi usaha kecil menengah (UKM) tidak terfasilitasi dengan baik sehingga tak mampu mengangkat penghasilan masyarakat yang lebih baik (TEMPO.CO, 12 Februari 2013).
Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat memandang selama kurun waktu tahun 2012, permasalahan lingkungan hidup yang mengemuka diantaranya : banjir, pencemaran limbah industri, praktik pertambangan baik pasir bes, emas, mangan, panas bumi  dan galian C,  masalah pengelolaan sampah di kawasan perkotaan, dan  Sengketa ruang dan lingkungan hidup (Walhi Jabar, 30 Desember 2012).
Dalam upaya menjawab tantangan tersebut, salah satu strategi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dilakukan dengan meningkatkan peran kalangan swasta melalui Forum CSR Jabar.

Dasar Hukum Forum CSR Jabar
Forum CSR Jabar ini dibentuk berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 30 Tahun 2011 Tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan di Jawa Barat.
Inti dari pasal 3 Pergub Jabar No. 30/2011 menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan fasilitasi penyelenggaraan tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan, yaitu; (1) Mengintegrasikan pembangunan daerah dengan CSR perusahaan; (2) Mensinkronisasikan program pemerintah dan perusahaan; (3) Mengarahkan program CSR perusahaan; dan (4) Mewujudkan keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi program tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan di daerah.
Pembentukan Forum CSR Jabar merupakan langkah strategis. Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu penyangga terdepan ibu kota Jakarta sehingga keberadaannya menjadi salah satu barometer nasional. Hal ini diperkuat dengan kuantitas penduduk yang sangat besar, yaitu seperlima penduduk Indonesia.

Lima Fokus Bidang
Dalam pasal 6 Pergub No 30 /2011 disebutkan bahwa program pembangunan di daerah yang dapat dibiayai melalui dana tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan mencakup lima bidang. Kelima bidang tersebut akan diuraikan sebagai berikut :
Pertama, pendidikan, yang diarahkan untuk mencapai bebas putus jenjang sekolah pendidikan dasar dan menengah serta penambahan Ruang Kelas Baru (RKB), Unit Sekolah Baru (USB) dan Beasiswa.  
Kedua, kesehatan, yang diarahkan agar seluruh wilayah Jawa Barat memiliki sarana dan prasarana kesehatan, alat kesehatan yang memadai, peningkatan kualitas tenaga kesehatan yang kompeten dan pengembangan puskesmas menjadi Puskesmas Mampu Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED).
Ketiga, bina lingkungan, yang diarahkan pada kegiatan pemberdayaan kondisi sosial masyarakat melalui pencegahan polusi, penggunaan sumberdaya yang berkelanjutan, mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim serta proteksi dan restorasi lingkungan.
Keempat, peningkatan daya beli, yang diarahkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pengembangan sektor KUMK. Terakhir atau kelima, infrastruktur perdesaan, yang diarahkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana lingkungan perdesaan.
Sejak Januari 2011, sudah ada 14 perusahaan yang telah menjadi mitra Forum CSR Jabar, yaitu : PT. Pertamina (Persero); PT Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten (Bank BJB); PT Jababeka; PT Chevron; PT Bio Farma (Persero); PT Telekomunikasi Indonesia, TBK; PT Tirta Investama; PT Pelindo; PT COCACOLA; PTPN VIII; PT Pupuk Kujang; PT Indocement; Sampoerna Foundation; dan Yayasan Bakrie Untuk Negeri (www.csr-jabar.com, diakses 10 Oktober 2013).

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538