Bekerja dengan “Hati” dan Pikiran yang Jernih

Tangerang, 6 Januari 2016 - Tahun 2015, saya cukup beruntung diberikan tugas dari sebuah Industri Pulp & Paper di Indonesia untuk mengelola Aktivitas CSR (Corporate Social Responsibility) mereka. Tentu ini memungkinkan saya untuk mempraktikkan sedikit pengetahuan yang saya miliki dan telah beberapa kali saya tulis dalam setiap publikasi. 

Namun memang mengaplikasikannya tak semudah membalikkan telapak tangan. Uniknya, keterbatasan sekaligus hambatan ini datang bukan dari teknis pelaksanaan atau minimnya pendanaan seperti yang banyak dijadikan “alasan” perusahaan yang ingin melepaskan tanggung jawab mereka, tetapi minimnya komitmen dan perhatian pada stekeholder yang relevan bagi organisasi.

Jangankan untuk membincang CSR Substansial – untuk mengaplikasikan CSR minimal saja rasanya bak “Api jauh dari panggang”. Tampaknya, panggilan sang pemimpin adalah tentang bagaimana perusahaannya dapat meraih lebih banyak penghargaan atas hal-hal hebat yang dilakukannya. Secara spesifik, mungkin beliau ingin tahu apakah saya memiliki “peluru perak.” Peluru perak saya, ternyata, adalah memutuskan untuk membagi benefit pada stakeholder dan perusahaan.

Perusahaan ini, sepertinya membiarkan praktik “banal” atau dangkal dalam mengaplikasikan CSR, dan merubah istilah CSR dari makna aslinya menjadi “Camuflase Social Response”. Tentu dari banyak program yang sudah dijalankan sebelumnya, hasilnya jelas, tidak ada integrasi. Kalaupun ada benefit, benefit bagi stakeholder hanya berorientasi jangka pendek, sementara benefit bagi perusahaan sangatlah besar.


Penting bagi semua perusahaan, mencoba berprestasi dengan melakukan hal baik, mengatur apa yang disebut sebagai “Tripple Bottom Line” dan berurusan dengan permintaan yang meningkat dari para antagonis dan kelompok penekan. Namun untuk menjalankannya, pelakunya tidak hanya harus di dasari knowledge yang baik, tetapi juga dipandu dengan “hati” dan pemikiran yang jernih.

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538