Mengintegrasikan Komunikasi di bawah Satu Payung

Tangerang, 5 Januari 2016 (Ujang Rusdianto) - Selama beberapa tahun ini, ketertarikan saya dengan Corporate Communication secara umum, dan CSR (Corporate Social Responsibility) Communication secara khusus, tumbuh tidak hanya sebatas bagaimana perusahaan-perusahaan di Indonesia berurusan dengan media, tetapi sampai bagaimana mereka berurusan dengan masalah komunikasi.

Seiring dengan banyak studi kasus yang saya tulis dalam buku atau artikel media massa atas subjek tersebut, dan berdiskusi di kelas pelatihan (training), saya melihat adanya kebutuhan atas sebuah fungsi yang lebih terintegrasi. Alasannya adalah bahwa kebanyakan perusahaan melakukan aktivitas-aktivitas komunikasi dalam cara yang sangat terdesentralisasi.

Sebagai contoh, yang umum fungsi komunikasi berada pada departemen marketing atau lebih “gila” lagi di bawah departemen Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam kasus perusahaan yang lain menempatkannya di bawah Corporate Secretary. Masih sedikit perusahaan yang membentuk departemen komunikasi sebagai pemegang kendali komunikasi perusahaan mereka.

Langkah lebih maju, sub fungsi dalam Corporate Communication – investor relations (hubungan investor), justru menjadi perhatian tersendiri dan diberikan tempat khusus oleh banyak perusahaan dengan membentuknya menjadi departemen terpisah. Meski dalam aplikasinya, komunikasi terlihat hanya sebagai kendaraan untuk mendapatkan informasi tertentu daripada sebagai fungsi itu sendiri.


Sedikit pengalaman ini membuat saya percaya bahwa setiap perusahaan seharusnya bisa melakukan pekerjaan corporate communication yang lebih baik lagi, jika mereka mengintegrasikan seluruh aktivitas komunikasi di bawah satu payung. Setidaknya, itulah teorinya. Tetapi saya bisa menemukan bukti kecil yang berharga dalam praktiknya. 

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538