Dua Arah ; Menciptakan Dialog Berkelanjutan

Tangerang, 8 Januari 2016 - Kemampuan melacak dan merespon harapan stakeholder (pemangku kepentingan) adalah sebuah komponen kunci dari kesuksesan strategi CSR (Corporate Social Responsibility), memungkinkan sebuah perusahaan untuk tetap terdepan dari perubahan etos dan dalam prosesnya, memperkuat reputasi mereka.

Sebuah cara primer, untuk memonitor harapan stakeholder adalah dengan mengangkat sebuah dialog berkelanjutan dan aktif dengan konsumen, pemegang saha, dan publik umum mengenai peran sosial dan lingkungan yang perusahaan perlu mainkan.

Singkatnya, kurangnya dialog dapat menyebabkan kurang kesadaran dari opini-opini publik eksternal atas isu-isu tanggung jawab sosial perusahaan. Pohle dan Hittner dalam publikasinya berjudul “The Rights Corporate Karma” mengungkapkan, 76 persen dari bisnis yang mereka survei tidak mengerti masalah CSR pada karyawan mereka, dan hanya 17 persen yang telah mengetahuinya.

Chevron dapat dikatakan contoh bagus untuk sebuah perusahaan yang telah membuat usaha-usaha penting untuk memperbaiki perbincangan CSR-nya di dalam sebuah industri yang dalam sejarag dikenal akan komunikasinya yang terbatas dan picik. Melakukan usaha bersama melibatkan pihak-pihak berkepeningan, Chevron sedang menciptakan sebuah dialog nyata engenai realita pasar-pasar eneri untuk mengedukasi publik sekaligus mengumpulkan umpan balik bagi konstituen.

Di Indonesia sendiri, Chevron mengkampanyekan “Kami Setuju”. Dengan beberapa topik penting seperti energi yang dapat diperbarui, perubahan iklim dan berbagai macam topik CSR lainnya, Chevron seperti mendorong sebuah diskusi terkait isu-isu yang mengelilingi operasinya. Melihat ini, hemat penulis, chevron dapat memanfaatkan sentimen publik dengan lebih langsung dan memposisikan diri sebagai korporat yang sesungguhnya dan yang lebih peduli.  

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538