CSR; Antara Retorika dan Realita

Tangerang, 9 Januari 2016 – Mengingat banyaknya manfaat potensial yang CSR (Corporate Social Responsibility) dapat tawarkan – termasuk pada karyawan dan konsumen loyal, banyak perusahaan tidak hanya di Indonesia, bernafsu untuk memposisikan diri mereka bertanggung jawab.

Sayangnya, hasrat ini telah melahirkan suatu gelombang perusahaan yang menerompetkan tindakan-tindakan yang tidak selalu didukung oleh “isi”. Perusahaan yang salah dalam melakukan klaim atau memberikan sesumbar kosong; LSM yang waspada dan pengkritik korporat bisa menemukan ketidakuratan dari apa yang telah diungkapkan perusahaan.
Misalnya; Greenwashing. Sebuah istilah populer yang digunakan untuk menjelaskan tindakan menyesatkan konsumen berkaitan dengan praktik-praktik lingkungan dari sebuah perusahaan atau manfaat-manfaat lingkungan dari sebuah produk atau jasa.

Disinilah, didalam lingkungan penuh pengawasan dan sikap skeptis, perusahaan perlu bekerjakeras untuk menjembatani pemisahan antara retorika dan realita. Seperti yang pernah diungkapkan Natural Marketing Institute (NMI) bahwa “Masa depan gerakan hijau akan membutuhkan level baru dari kecanggihan dan kejelasan bersamaan dengan konsumen yang semakin jeli melihat antara perusahaan yang benar-benar jujur versus yang dipersepsikan hanya berpartisipasi untuk alasan-alasan dangkal.

Dengan dukungan media berbasis digital, memberikan penggiat lingkungan, LSM dan konsumen lebih memiliki akses pada korporat. Tekanan bisa jadi memuncak pada perusahaan untuk mengungkapkan secara proaktif elemen-elemen baik dan buruk dari operasi mereka. Alangkah lebih baik, jika kedepan perusahaan melihat diri mereka sendiri dengan kritis dan mengutip dimana CSR mereka dapat melakukan lebih baik lagi. Transparansi diri yang kritis seperti itu dapat membantu membangun kepercayaan dengan stakeholder.


Memposisikan diri sebagai sesuatu yang tidak luput dari kesalahan – danbertekad untuk melakukan lebih baik, pada perjalanannya dapat memenangkan hati konsumen – utamanya yang skeptis pada perusahaan dan dipersenjatai dengan pandangan-pandangan baru ke dalam praktik-praktik bisnis perusahaan melalui media, baik cetak maupun elektronik dan suara-suara LSM yang kritis. 

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538