Menganggap Komunikasi Perusahaan Begitu Penting

Tangerang, 7 Januari 2016 - Setiap bagian fungsional, pada suatu waktu di masa lalu, adalah hal terbaru dan terpenting. Namun di era “The Naked Corporation”, kepentingan komunikasi bagi perusahaan hakikatnya jadi nyata dan semakin penting.

Alasan pertama, saat ini kita tinggal di era yang lebih canggih dalam hal komunikasi. Informasi berjalan secepat kilat dari satu sisi dunia ke sisi lain sebagai hasil dari pengembangan teknologi, seperti Internet.

Kedua, publik kini lebih pintar dalam melakukan pendekatannya pada organisasi.  Orang-orang lebih cerdas dalam memetakan isu dan lebih skeptis untuk niat-niat perusahaan. Jadi, perusahaan tidak akan selamat hanya dengan pernyataan “Jika kami membuat perangkap Tikus yang lebih baik, para konsumen akan menggali jalan ke pintu kami”. Mungkin tidak, kalau konsumen tidak tahu siapa perusahaan Anda.

Ketiga, komunikasi datang pada perusahaan dengan kemasan yang lebih “indah” daripada sebelumnya, dan mungkin juga belum pernah terpikirkan oleh perusahaan. Publik ingin melihat perusahaan menerapkan Good Corporate Governance, memiliki pertanggungjawaban atas produk yang diproduksi, dan memberikan perhatian lebih pada pelanggan loyal. Perusahaan dituntut beradaptasi dan merespon pendapat konsumen atau publik yang luas.


Terakhir, perusahaan memiliki sifat yang lebih kompleks. Seringkali seseorang dapat menjalankan banyak fungsi yang berbeda pada saat bersamaan. Namun dalam organisasi dengan ribuan karyawan jauh lebih sulit untuk mengawasi seluruh bagian yang berbeda yang membentuk sebuah strategi komunikasi koheren. Hanya dengan menciptakan komunikasi perusahaan yang terintegrasi, perusahaan akan menghadapi dekade berikutnya dengan strategi dan alat yang sekarang ini dimiliki oleh sedikit perusahaan di dunia.

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538