Aplikasi CSR di FIF Group

Jakarta, 15 Maret 2014 - Siti Rezhyta - Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah tindakan atau konsep sosial yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk membantu kehidupan yang didalamnya mencakup lingkungan, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya CSR perusahaan akan lebih mengedepankan sustainability dari pada profitability perusahaan. Dimana melalui tindakannya itu akan membawa perbaikan pada apa yang dia bantu dan kelak juga akan membawa dampak fositif pada perusahaan berupa image perusahaan yang semakin baik di mata masyarakat.
Kewajiban Pelaksanaan CSR
Secara garis besar CSR lebih banyak memiliki dampak fositif dari pada dampak negatif. Karena bagaimanapun juga sesuatu hal yang akan membawa perbaikan dalam hidup (lingkungan, sosial, ekonomi) adalah sebuah tindakan mulia. Meskipun sebenarnya menolong kehidupan bangsa sendiri sudah merupakan tanggung jawab semua masyarakat Indonesia. Seperti yang tercakup dalam UUD 1945 yang menjadi landasan utama berdirinya CSR, yaitu: Melindungi segenap warga negara Indonesia; Mewujudkan kesejahteraan umum; Mencerdaskan kehidupan bangsa; dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.
Sejak tahun 2007, pemerintah telah menetapkan Program Coorporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu bentuk wajib yang dilakukan oleh Perseroan Terbatas. Program CSR itu ditetapkan dengan Pasal 74 ayat 1 yang berbunyi bahwa “Perseroan Terbatas yang menjalankan  usaha dibidang bersangkutan dengan sumber daya alam wajib menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan”. Peraturan tentang CSR yang lebih terperinci tertuang dalam UU yang dijabarkan lebih jauh oleh Peraturan Menteri Negara BUMN No:Per-07/MBU/2007.

Implementasi CSR di FIF Group
Federal International Finance Group atau yang biasa kita kenal dengan FIF Group merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang finance dan berdiri sejak tahun 1991. Munculnya ketetapan Program CSR bagi Perseroan Terbatas membuat FIF Group berkomitmen untuk selalu memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan bangsa menuju Better Life, Better Future melalui berbagai macam dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan.
Salah satu bentuk tanggung jawab sosial yang dipilih oleh FIFGROUP melalui jajaran Manajemennya adalah melakukan aksi tanam pohon sebanyak 2.500 pohon berjenis Puspa, Rasmala, Pinus dan Kaya. Dalam aksi tanam pohon ini FIF GROUP bekerjasama dengan Perhutani, dimana sebagian pohon yang akan ditanam diberikan kepada Perhutani, karena Perhutani lebih mengetahui mana-mana saja lokasi yang tepat, yang bisa dijadikan tempat untuk ditanami pohon. Kegiatan ini dilakukan pada hari Kamis, tanggal 20 Februari 2014 di Eco Edu Forest Perhutani, Sentul, Jawa Barat. Aksi tanam pohon ini merupakan salah satu dari kegiatan tanggung jawab sosial yang diberikan FIF GROUP setiap tahunnya. Sejak tahun 2007 sampai saat ini FIF GROUP telah menanam pohon lebih dari 50.000 pohon
Aksi tanam pohon yang dilakukan oleh FIFGROUP pada tahun ini sebanyak 2.500 pohon. Angka dari 2.500 ini mempunyai sebuah makna bagi FIF GROUP yaitu usia FIF GROUP yang sampai pada saat ini sudah menginjak 25 tahun pada Mei 2014. Kegiatan tanam pohon ini terdiri dari berbagai jenis pohon yang berbeda-beda. Selain melakukan tanam pohon, FIFGROUP juga memberi bantuan peduli pendidikan kepada Madrasah Raudhatul Jannah yang berada di Sentul juga. Bantuan yang diberikan berupa peralatan sekolah bagi anak-anak.
Kali ini khalayak yang dituju oleh FIF GROUP dari dilaksanakannya program tanam pohon dan pemberian bantuan peduli pendidikan ini adalah masyarakat sekitar Sentul, Jawa Barat. Masyarakat sekitar Sentul sebagai khalayak yang dituju juga harus mau bekerjasama untuk membantu program ini terus-menerus. Selain program ini memang ditujukan unutk mereka, program ini juga me imbulkan efek yang baik untuk mereka. Maka dari kegiatan tanam pohon masyarakat Sentul harus ikut menjaga dan merawat pohon-pohon tersebut, agar pohon tersebut terus tumbuh dan memberikan kesejukkan bagi masyarakat Sentul seutuhnya.
Dalam pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh FIF GROUP melalui program aksi tanam pohon ini, menurut saya adalah suatu tindakan atau tanggung jawab sosial, lingkungan perusahaan yang baik, karena dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan kenyamanan dan kesadaran masyarakat sekitar lokasi penanaman pohon tersebut terhadap pentingnya pohon bagi kelangsungan hidup kita. Banyaknya pohon yang berada di sekitar kita akan membuat kita menjadi sejuk, dan mengurangi polusi udara. Sehingga kesehatan kita pun tidak mudah terganggu. Selain keuntungan bagi individu, keuntungan lainnya juga diraih oleh alam. Penanaman pohon menurunkan pemanasan global, dan perlahan-lahan dapat memperbaiki alam yang sudah mulai rusak karena kurangnya resapan air dan juga penebangan liar. Dilaksakannya program ini pada setiap tahunnya adalah hal yang sangat baik, kerjasama antar warga dan masyarakat merupakan hal yang penting dalam keefektifan kegiatan tanam pohon ini, karena dengan dilaksanakannya program ini tentu akan menghasilkan suatu perubahan alam yang baik secara perlahan-lahan.

Harus Bermula dari Niat Baik
Kegiatan tanggung jawab sosial yang dilakukan FIF GROUP ini menurut saya merupakan kegiatan csr yang cukup menarik, bagus dan dapat dikatakan berhasil, karena banyaknya masyarakat yang tahu dan antusias terhadap kegiatan ini, baik dari masyarakat Sentul itu sendiri ataupun masyarakat dari luar Sentul. Dari kegiatan ini tidak hanya masyarakat Sentul saja sebenarnya yang mendapatkan keuntungan, namun masyarakat diseluruh Indonesia, karena perlahan-lahan bila kegiatan ini terus dilaksanakan setiap tahunnya tanpa adanya perusakan alam yang lainnya maka kita sebagai warga Indonesia akan dapat merasakan perubahan alam yang baik. “Apapun kegiatan yang didasarkan dengan niat yang baik, pasti akan menghasilkan sesuatu yang baik pula”.
Solusi yang bisa saya berikan terhadap salah satu kegiatan CSR dari FIF GROUP ini adalah agar FIF GROUP dapat lebih memperluas wilayah yang akan dijadikan tempat dilaksanakannya aksi tanam pohon ini. FIF GROUP juga seharusnya memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai penting pohon atau tanaman hijau bagi kelangsunga hidup kita semua. Selain itu program tanam pohon ini juga sebetulnya suatu keharusan yang memang harus kita lakukan, karena seperti yang kita tahu bahwa penebangan pohon karena pembangunan gedung, bahkan penebangan liar yang terjadi telah merusak ekosistem suatu lingkungan yang menimbulkan berbagai dampak bagi kita semua. Maka kegiatan ini menurut saya harus terus dilakukan dan dikembangkan. Penebangan liar dan pembatasan bangunan gedung-gedung harus segera diatasi agar penanaman pohon memiliki efek yang terlihat, karena sebetulnya kegiatan ini akan percuma saja dilakukan apabila penebangan liar dan kegiatan yang merusak alam tidak segera dihentikan.

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538