Pertamina: Rehabilitasi Hutan Mangrove

Jakarta, 15 Maret 2014 - Dhira Rizkia Meidiana - PT. Pertamina yaitu sebuah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang energi meliputi minyak, gas serta energi baru dan terbarukan. PT. Pertamina memiliki komitmen untuk bertanggung jawab terhadap dampak yang diakibatkan oleh kebijakan dan kegiatannya kepada masyarakat dan lingkungan melalui perilaku yang transparan dan beretika.S alah satunya yaitu dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti pada program lingkungan, dengan melakukan rehabilitasi Hutan Mangrove.

Komitmen Pertamina
Pertamina berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan terutama kawasan hutan mangrove di sekitar wilayah operasinya. Kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya berupa penanaman tanaman mangrove tetapi juga pemberdayaan masyarakat lokal mengenai manfaat tanaman mangrove dalam kehidupan. Sebagai contoh adalah dengan pemberdayaan masyarakat lokal mengenai budidaya kepiting di kawasan hutan mangrove yang kemudian dapat meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat setempat.
Khalayak yang dituju itu adalah masyarakat umum disekitar hutan mangrove dan masyarakat banyak, karena dengan lingkungan yang terjaga maka akan memunculkan lingkungan yang sehat,ekosistem terjaga,  udara yang sehat karena hutan mangrove dapat mendaur ulang udara dan akan menghasilkan oksigen yang tidak hanya dirasakan dampaknya oleh masyarakat sekitar hutan mangrove.
Dalam program CSR ini PT.Pertamina melakukan program CSR di bidang Lingkungan yang ditujukan sebagai komitmen manajemen dalam rangka tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan hidup dan pelestarian alam. Selain itu perusahaan juga mengharapkan adanya sikap saling memberi manfaat antara kedua belah pihak.

Manfaat Program
Tidak hanya berguna bagi dampak lingkungan, tetapi dengan adanya program penanaman ini perusahaan Pertamina juga mendidik dan mengajarkan cara membudidayakan kepiting disekitar hutan mangrove. Yang mana akan menjadi tambahan dalam hal perekonomian bagi masyarakat sekitar. Jadi bagi perusahaan ada istilah yang mengatakan sekali dayung 2-3 pulau terlampaui yang mana tujuannya program ini awalnya adalah bagi lingkungan akan tetapi dengan adanya tambahan pelatihan membudidayakan kepiting, program ini jadi lebih 2x bermanfaat bagi masyarakat sekitar hutan mangrove yaitu adanya penambahan perekonomian.
   Menurut saya, program-program CSR PT. Pertamina sudah baik karena tidak hanya mencakup 1 bidang saja tetapi perusahaan memiliki program CSR di berbagai bidang, baik itu bidang kesehatan, perekonomian, lingkungan, pendidikan yang mana semua bidang tersebut memang sangat berguna khususnya bagi masyarakat maupun bagi perusahaan itu sendiri. Jadi perusahaan dengan masyarakat sama-sama memiliki keuntungan dari program CSR ini.
    Bagi perusahaan program tersebut dapat membantu meningkatkan reputasi perusahaan, efisiensi, pertumbuhan usaha dan menerapkan mitigasi resiko bisnis, dan mengatasi dampak negatif operasi perusahaan melalui kepatuhan terhadap regulasi serta menciptakan nilai baru yang lebih baik kepada masyarakat dan lingkungan.
     Sedangkan bagi masyarakat sekitar dan masyarakat luas, fungsi hutan mangrove sangatlah penting bagi kelangsungan hidup di masa mendatang, karena salah satu fungsi yang paling pokok yaitu dimana hutan mangrove dapat mendaur ulang karbondioksida dan mengeluarkan oksigen yang diperlukan bagi manusia. Selain itu bagi masyarakat sekitar adanya pohon mangrove dapat meningkatkan dan mensejahterakan perekonomian mereka.

Solusi Pengembangan Program
     Ke depan, perusahaan sebaiknya melakukan kegiatan CSR secara berkala. Tidak hanya awalnya saja tetapi tetap diperhatikan untuk kedepannya, sebagai contoh dalam hal lingkungan penanaman pohon mangrove, perusahaan Pertamina sebaiknya terus memperhatikan program penanaman ini untuk jangka panjang, jadi jangan hanya awalnya saja yaitu menanam pohonnya dan dipublikasikan setelah dipublikasikan tidak ada lagi perhatian terhadap pohon-pohon mangrove tersebut. Sehingga program ini akan sia-sia nantinya karena tidak adanya penanganan yang serius dalam jagka panjang.
     Selain itu lakukan transaparasi dalam program-program yang dilakukan oleh Pertamina, misalnya adakan laporan perkembangan lingkungan yang telah di rehabilitasi oleh perusahaan. Jangan hanya publikasi awalnya saja. Karena masyarakat juga ingin mengetahui usaha apa saja yang terus dikembangan oleh perusahaan untuk memperbaiki lingkungan, yang mana secara tidak langsung perusahaan tersebutlah yang sudah merusak lingkungan. Dengan limbah udaranya, dan lain-lain.

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538