Daihatsu; Gandeng Stakeholder Tanam 15.000 pohon




Jakarta, 15 Maret 2014 - Priske Adharini - Daihatsu menjalankan komitmen tanggung jawab sosial perusahaan dengan menggandeng Supplier, Jurnalis dan Blogger Tanam 15.000 Pohon. Hal ini dilakukan Daihatsu untuk melestarikan lingkungan tempat tinggal sebagai tempat kelangsungan makhluk hidup.
Sebagai bukti kepedulian terhadap lingkungan, serta mendukung program pemerintah dalam gerakan penanaman 1 milyar pohon, Daihatsu menggandeng beberapa stakeholdernya untuk melakukan penanaman 15,000 pohon sekaligus. Kali ini giliran supplier, jurnalis otomotif dan para blogger ikut serta dalam gerakan penanaman ini (02/10/13).

Rangkaian Kegiatan
Penanaman 5,000 Pohon dilakukan di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang bersama para supplier yang tergabung dalam ADM Suppliers Club (ASC). Penanaman terletak tepat di sebelah kanan kantor Bupati Tangerang, di kawasan Tiga Raksa.
ADM Suppliers Club yang berpartisipasi dalam acara hari ini terdiri dari 16 perusahaan yang terletak di sekitar Tangerang, Jakarta dan Cikarang. Kegiatan ini diresmikan oleh Wakil Bupati Tangerang, Hermansyah yang ditandai dengan penyerahan plakat oleh Manajemen PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Erlan Krisnaring Cahyono (Executive Officer Purchasing PT Astra Daihatsu Motor) dan simbolik pohon oleh Ketua ADM Suppliers Club, Marga Tahar. Selain itu juga hadir Direksi dari 16 perusahaan yang berpartisipasi.
Pada acara ini, ADM dan ASC juga menggandeng karyawan masing-masing PT untuk turut serta menanam pohon. Sekitar 120 karyawan dari 16 PT serentak menanam di lokasi tersebut. Para karyawan merasa sangat antusias karena dilibatkan dalam acara ini. Mereka juga ingin turut serta melestarikan lingkungan tempat tinggal mereka, salah satunya dengan cara menanam pohon.
Keesokan harinya (03/10), tim CSR Daihatsu sudah bersiap untuk menghijaukan kawasan Merapi, tepatnya di Dusun Kinahrejo dan Umbulharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kali ini Daihatsu menggandeng blogger sebanyak 19 orang dan 5 orang jurnalis otomotif untuk ikut serta dalam gerakan kepedulian lingkungan ini.
Para jurnalis dan blogger ini merupakan bagian dari tim Terios 7 Wonders yang menjelajah tempat-tempat menarik di pulau Jawa, sampai ke Pulau Komodo. Sebanyak 10,000 pohon akan ditanam di kawasan Merapi yang merupakan pasca erupsi ini. Pohon yang ditanam adalah pohon penghijauan sebanyak 7000 batang yang jenisnya antara lain Sengon, Ketapang, Mahoni dan Trembesi dan pohon produktif 3000 batang berupa Jambu Air, Jambu Biji, pohon sukun, pohon Jeruk, pohon Mangga dan pohon Nangka.
Dalam penanaman 10,000 pohon ini, Daihatsu bekerja sama dengan Forum CSR Kesejahteraan Sosial Yogyakarta dan turut hadir dalam penanaman ini Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY Ir. Sri Haryanto, Kepala Dinas Sosial DIY Untung Sukaryadi, dan Sekcam Cangkringan. Sedangkan Manajemen Daihatsu yang hadir adalah Haryanto N.H, Head General Affairs Division PT Astra Daihatsu Motor.
Dalam sambutan Gubernur DIY secara tertulis, yang dibacakan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY, menyampaikan bahwa dengan ditanamnya 10.000 pohon di lereng merapi merupakan gerakan penghijauan dalam upaya perlindungan dan konservasi serta rehabilitasi alam lingkungan yang lestari, serasi, selaras dan seimbang guna menunjang terlaksananya pembangunan berkelanjutan.
Dalam hal ini Daihatsu memposisikan community Relations sebagai poin pertama yaitu tanggung jawab Daihatsu sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dan peduli terhadap pentingnya melakukan sinergi dengan masyarakat atau komunitasnya dalam program Menanam 15.000 Pohon bersama Stakeholeder lainnya.

Meningkatkan Kepedulian Lingkungan
Kepedulian terhadap lingkungan yang semakin hari semakin terancam adalah kewajiban yang seharusnya menjadi prioritas utama dalam setiap program kerja yang akan dilakukan oleh Daihatsu. Sebagai manusia, kita memerlukan oksigen, dan kita memerlukan Pohon untuk tetap menghirup udara segar.
Dengan demikian, diharapkan kegiatan dalam program Menanam 15.000 Pohon tidak dianggap sebagai beban yang akan mengganggu aktivitas lainnya. Tanamlah dengan keikhlasan sebagai wujud syukur kita terhadap makhluk ciptaan Tuhan. Lingkungan yang indah, rapi, teduh, nyaman, dan hijau tentunya dapat membawa manfaat dan keuntungan buat kita. Selain bisa hidup dengan sehat, kita juga dapat menikmatinya. Dengan kegiatan peduli terhadap lingkungan, anggap saja kita melakukan investasi untuk masa depan.
Harapannya, agar Pemerintah dan Jajarannya melakukan Penanaman Pohon Penghijauan. Karena kalau tidaknya ada Pohon, hidup di Perkotaan akan tercemar oleh Asap dan tidak baik untuk Kesehatan. Berharap Masyarakat yang tinggal di Jakarta dan Sekitarnya cepat sadar akan Pentingnya Lingkungan Bagi Kesehatan.

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538