Blue Band: Berantas Kelaparan pada Anak

Jakarta, 15 Maret 2014 - M. Iyus Yusron - Blue Band salah satu merek margarine produksi PT Unilever Indonesia Tbk kembali berpartisipasi dalam acara “End Hunger: Walk The World” tahun ini, yang diadakan di Plaza Barat Senayan, pada hari Minggu, 6 Juni 2010. Dukungan Blue Band terhadap acara ini telah memasuki tahun ke empat, yang artinya semakin menguatkan misi sosial Blue Band dalam memberantas kelaparan dan meningkatkan mutu gizi demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak Indonesia.
“End Hunger: Walk the World” adalah kegiatan global yang serempak diikuti oleh 70 negara yang bertujuan menggalang dana yang akan dipergunakan oleh United Nations-World Food Programme (WFP) untuk menyediakan bantuan pangan sekolah bagi sekitar 59 juta anak di seluruh dunia, termasuk Indonesia, yang pergi ke sekolah dalam keadaan lapar – sebuah program yang bertujuan sebagai jaring penyelamat bagi para keluarga miskin yang sangat membutuhkan bantuan pada masa krisis seperti sekarang ini. Di Indonesia sendiri, tahun lalu (2009) acara ini berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 700 juta telah WFP salurkan untuk membantu lebih dari 3.500 anak usia sekolah dasar selama satu tahun.

Inovasi Program
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di dalam keikutsertaannya tahun ini Blue Band mengusung sebuah misi istimewa, dimana Blue Band merangkul lima puluh orang anak jalanan yang berada di bawah naungan Yayasan Nanda Dian Nusantara (YNDN) untuk aktif berpartisipasi. Hal ini ditujukan untuk menumbuhkan semangat kemanusiaan mereka dalam membantu teman sebayanya yang menderita kelaparan di berbagai belahan dunia. Bersama dengan ratusan karyawan PT Unilever Indonesia Tbk. dan ribuan masyarakat lainnya, dengan semangat mereka mengikuti jalan santai bersama di area Senayan.
Khalayak dari program ini adalah anak anak sekolah di seluruh di dunia karena program ini berkerjasama dengan United Nations-World Food Programme (WFP) yang merupakan menjadi salah program untuk memberantas kelaparan dan meningkatkan mutu gizi demi mengoptimalkan tumbuh keembang anak Indonesia.
Menurut saya, program ini merupakan sangat baik dan bagus karena Sarapan bagi anak ternyata mempengaruhi prestasi belajar anak di sekolah menurut Ronald E. Kleinman, M.D., dokter spesialis gastroenterologi anak serta pakar nutrisi yang mengajar di Harvard University, Amerika.
“Secara rata-rata, anak yang tidak pernah sarapan memiliki daya pikir dan kemampuan mengingat yang lebih rendah dibandingkan mereka yang makan setiap pagi,” ujar dr. Kleinman.
Sejumlah studi membuktikan pernyataan tersebut. Di Inggris, pernah dilakukan serangkaian penelitian terhadap 600 orang murid mengenai pengaruh kebiasaan sarapan dan performa anak di sekolah. Hasilnya, dibandingkan rekannya yang terbiasa menyantap sarapan, anak-anak yang tidak pernah makan pagi ternyata lebih sulit berkonsentrasi, lambat menanggapi, dan memiliki perhatian amat rendah terhadap pelajaran. Gerak-gerik mereka juga lebih lamban dan cenderung lekas tersinggung.

Pentingnya Sarapan bagi Anak
Rutinitas sarapan berperan pula menghindari risiko obesitas pada anak-anak. Menurut dr. Sri Nasar, anak yang tidak sarapan cenderung merasa kelaparan sepanjang hari, lalu makan dalam porsi besar pada jadwal makan siang dan malam. “Juga, mereka cenderung lebih banyak mengemil makanan yang tidak sehat, seperti permen, cokelat, dan gorengan, untuk mengatasi rasa lapar. Jika nafsu makan tidak terkendali, risiko obesitas amat mungkin terjadi,” ujarnya.
Solusi untuk program ini menurut saya mungkin di adakan menjadi rutin dan intens mungkin dengan mengadakan  acara ini sebulan sekali lalu lebih mengajak dan merangkul anak anak sekolahan bukan hanya di kota kota besar tetapi di sebarkan secara merata di kota kota pinggiran atau pelosok karena masih banyak anak anak kurang bermutu gizi di daerah- daerah terpencil. Lalu dengan bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk menyadarkan bahwa sarapan di pagi hari baik dan bagus untuk tumbuh kembang anak terutama anak anak sekolahan bukan menutup kemungkinan bangsa yang besar dan makmur dilihat dari mutu gizi dari anak penerus bangsa.


Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538