Kesuksesan WASH - Danone Aqua di Sukabumi

Jakarta, 15 Maret 2014 - Resya Nirwana - Grup AQUA adalah perusahaan yang terdiri dari PT Tirta Investama, PT Aqua Golden Mississippi dan PT Tirta Sibayakindo, bergerak di bidang industri air mineral atau Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). AQUA Group memiliki komitmen ganda yaitu mengedepankan keseimbangan antara keberhasilan ekonomi dan kemajuan sosial yang diaktualisasikan dalam AQUA Lestari yang dikembangkan sejak tahun 2006 sebagai payung inisiatif praktik keberlanjutan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan menggunakan DANONE WAY dan ISO 26000 sebagai referensi.
 
Inovasi Aqua melalui Program WASH
AQUA Lestari memiliki 4 pilar, yaitu: Pelestarian Air dan Lingkungan, Praktik Perusahaan Ramah Lingkungan, Pengelolaan Distribusi Produk, serta Pelibatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Dalam tulisan ini saya memfokuskan analisis kepada Pelibatan dan Pemberdayaan Masyarakat yang merupakan  inisiatif perusahaan untuk penguatan kemandirian sosial-ekonomi masyarakat agar tercipta kohesi sosial. Salah astu program yang dilkasanakan adalah akses air bersih dan penyehatan lingkungan (Water Access, Sanitation and Hygiene/WASH).
Sejak tahun 2007 Grup AQUA menjalankan program WASH guna meningkatkan akses masyarakat kepada air bersih dan fasilitas sanitasi yang ramah lingkungan, ditambah dengan sosialisasi perilaku hidup sehat. Bermitra dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Yayasan Pembangunan Citra Insan Indonesia (YPCII), Grup AQUA menggagas sebuah Program Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat yang telah berlangsung sejak Juli 2010 hingga Juni 2012. Program ini dijalankan di Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug (Kabupaten Sukabumi), di mana dua pabrik Grup AQUA (Mekarsari dan Babakan Pari) beroperasi. Tujuan dari program tersebut adalah untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih dan sarana sanitasi yang sehat; meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan penerapan 5 perilaku higienitas dan sanitasi. Dan tentunya yang menjadi khalayak sasaran program CSR ini adalah seluruh masyarakat desa tersebut.

Kemitraan Program
Dalam program tersebut, Grup AQUA berkontribusi dalam menyediakan tambahan pipa distribusi, aksesori untuk meter air, material untuk pengembangan bangunan sipil dan pendanaan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui YPCII yang berperan memfasilitasi proses tersebut di tingkat masyarakat dan sekolah. Adapun Kementerian PU dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi terlibat dalam hal penyediaan pipa transmisi dan distribusi serta meter air, juga pembuatan bangunan sipil dan pelatihan teknis. Masyarakat lokal secara kolektif turut berkontribusi dengan memberikan sumbangan dana dan material untuk pemasangan sambungan rumah, juga menyediakan tenaga kerja pada tahap pembangunan, yang jika dinominalkan maka nilainya mencapai sekitar 450 juta rupiah. Program ini mendapatkan banyak dukungan dari LSM lainnya dan Pemerintah Kecamatan Cicurug, yang menyumbangkan kendaraan pengangkut sampah, tambahan aksesoris meter air dan biaya transportasi pengangkutan pipa ke sumber air.
Berdasarkan laporan keberlanjutan Grup AQUA (sustainability report, 2011-2012),hasil yang diperoleh dari program tersebut  sangat menggembirakan, dimana 92% masyarakat, atau sebanyak 5.520 jiwa kini dapat menggunakan jamban keluarga, 20 dari 28 Rukun Tetangga (RT) telah bebas dari aktivitas Buang Air Besar (BAB) di sembarang tempat, peningkatan akses air bersih dari 17% menjadi 74%; dan angka keterjangkitan penyakit diare menurun dari 20% menjadi 11%, terutama di kalangan balita.
Menurut pendapat saya, program tersebut cukup berhasil meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih dan sarana sanitasi yang sehat,  meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan penerapan 5 perilaku higienitas dan sanitasi, hal ini dapat dilihat dari  hasil peningkatan persentase yang telah di peroleh berdasarkan data laporan keberlanjutan Grup AQUA (sustainability report, 2011-2012). Seperti yang kita tahu bahwa sebuah pedesaan memilki sumber air yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakatnya, namun kenyataanya masih banyak masyarakat yang tidak mendapatkan akses air bersih tersebut karena kurangnya sistem yang mengatur jalannya akses tersebut. Masih banyak masyarakat pedesaan yang belum mengetahui dan menyadari akan pentingnya higienitas dan sanitasi sehingga masih kita temukan masyarakat desa yang buang air besar sembarangan dan banyak balita yang terjangkit diare. Program CSR Grup AQUA tersebut  tentunya dapat membuat sebuah perubahan yang berarti tentunya bagi masyarakat Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug (Kabupaten Sukabumi) terutama di bidang kesehatan. Selain itu program tersebut juga mampu menggerakan berbagai pihak untuk turut serta membantu dan memberikan kontribusinya untuk Desa Nanggerang, ini merupakan sebuah kemitraan multi pihak yang baik dimana pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan tidak hanya dari pihak Grup AQUA saja tetapi juga Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Yayasan Pembangunan Citra Insan Indonesia (YPCII).
Solusi terhadap program tersebut adalah  harus ditindak lanjuti secara berkala dalam arti dimana program CSR yang telah dilaksanakan tersebut harus terus dipantau perkembangan dan tingkat keberhasilannya serta terus berkomunikasi dengan baik dengan semua pihak yang terlibat baik dari masyarakat serta pemerintah daerah tersebut, sebab seiring berjalanannya waktu kebutuhan masyarakat di desa tersebut akan terus berubah sehingga pihak AQUA grup dapat menyesuaikan kebutuhan masyarakat dengan program tersebut kedepannya. Kemudian program tersebut dilakukan secara continue dan berkesinambungan sehingga tidak hanya sekedar menjalankan program CSR semata guna mempertahankan bahkan meningkatkan citra perusahaan, tetapi juga harus dapat menciptakan sense of belonging sebagai rasa tanggung jawab yang melekat dalam diri perusahaan.

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538