Membincang Korporat sebagai Sistem Sosial

Jakarta, 11 Juni 2014 (Ujang Rusdianto) - Perusahaan sebagai suatu sistem sosial merupakan bagian yang memegang peranan menciptakan pembangunan berkelanjutan. Setidaknya ada tiga alasan mengapa perusahaan sebagai fokus pembangunan berkelanjutan. Pertama, perusahaan adalah “sebagai penggerak” utama dalam pembangunan ekonomi. Kedua, perusahaan memiliki sumber finansial, pengetahuan teknologi dan kapasitas institusional untuk mengimplementasikan solusi ekologis. Terakhir atau ketiga, menguji ekologi yang berkelanjutan pada analisis level organisasi merupakan hal yang tepat. 

Perusahaan menggunakan sumber daya manusia dan modal, mengubahnya ke dalam suatu sistem ekonomi kemudian melakukan investasi terhadap sistem ekologi. Sumber dan komponen fisik yang berasimilasi kemudian dieksploitasi oleh sistem ekonomi perusahaan dan hal ini dapat menghasilkan produk dan juga memunculkan sampah/limbah pembuangan yang tidak berguna. Karena itu, diperlukaan suatu cara agar hasil pembuangan menjadi hal yang lebih bermanfaat, misalnya melalui daur ulang, penggunaan kembali dan memanfaatkan kembali limbah yang tidak berguna.
Dengan demikian, para pemimpin perusahaan harus mengubah semboyan klasik “waktu adalah uang” menjadi “uang adalah kehidupan”. Mengejar keuntungan adalah wajib, tetapi disamping untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau perusahaan, juga untuk berbuat kebaikan pada sesame, sederhanya tidak membuang limbah sembarangan.
Sejatinya, pemimpin yang adil karena mereka percaya bahwa keadilan adalah cara berpadu di dunia ini. Mereka percaya bahwa apabila mereka bersikap adil maka mereka tidak akan mengganggu keadaan dunia. Bila mereka berperilaku adil, maka mereka juga telah berpartisipasi untuk membentuk dunia yang lebih baik. Ini semua adalah bagian yang sama pemikiran kembali tentang kehidupan yang telah memfokuskan pada keseimbangan kerja dan kehidupan, etika perusahaan dan kewajiban sosial, dan mencerminkan semangat dari jaminan baru. Semangat yang akan menjadi penting untuk kemampuan bertahan bisnis mendatang. (UR)

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538