Otonomi Daerah untuk Perubahan

Jakarta, 15 Juni 2014 (Ujang Rusdianto) - Dimana pun orang menginginkan pemerintahan yang baik, ini berarti warganya harus mampu mempengaruhi pelaksanaan dan kerja pemerintahan. Mereka harus mampu memilih orang-orang yang menduduki kekuasaan dan juga memberhentikannya. Dari sini terlihat bahwa proses politik yang baik bukan hanya tugas birokrat saja, tetapi juga tugas keseluruhan masyarakat.

Pemberlakuan otonomi daerah di Indonesia, sebenarnya merupakan salah satu strategi untuk menghadapi era baru dengan menghasilkan pemerintahan daerah yang efisien, efektif, akuntabel, transparan, konsisten, terintegrasi, dan responsif secara berkesinambungan. Karena itu, diperlukan Pemerintah Daerah yang dapat menghasilkan kebijakan dan inovasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Terlepas dari perdebatan tentang dampak positif dan negatif dari otonomi daerah, setidaknya berbagai kalangan mempercayai terdapat banyak hal positif dari penerapan konsep otonomi daerah di Indonesia, diantaranya yaitu sebagai berikut :
Pertama, semakin meningkatnya tingkat kemandirian dan kemampuan daerah dalam mengelola pembangunan ekonomi daerahnya, ditunjukkan dari terjadinya perencanaan ekonomi daerah yang lebih mempertimbangkan aspirasi masyarakat di daerah (bottom-up planning), peningkatan kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan.
Kedua, perkembangan perekonomian yang signifikan, ditandai dengan peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), pendapatan per kapita, pertumbuhan ekonomi, serta semakin membaiknya fungsi intermediasi bank umum. Walaupun secara regional masih terdapat propinsi justru memperoleh dampak negatif.
Melaksanakan otonomi berarti melakukan serangkaian perubahan, sehingga jika terdapat berbagai persoalan, solusinya adalah memperbaikinya dan bukan kembali ke era sentralisasi. Oleh karena itu, apapun kelemahan yang terdapat dalam pelaksanaan desentralisasi dan otonomi daerah, maka perlu digarisbawahi bahwa peningkatan kesejahteraan bukanlah sebuah proses instant, melainkan proses yang panjang dan berkelanjutan. (UR)

Translate

More

Search This Blog

Ujang Rusdianto

Ujang Rusdianto
Consultant / Trainer / Public Speaker / Lecturer UMN / Owner Kasa 1 Indonesia

Kontak

Riveira Village
Jl. Riveira Barat No. 27
Tangerang, Banten
Telp : (021) 2222 8658
Mobile : 0878-3855-1988 (Whatsaap)
0821-1376-0538